Pemanfaatan Trend Modern dalam Digital Marketing Produk Kopi Liwa, Lampung Barat

Authors

  • Hendri Dunan Universitas Bandar Lampung
  • Aprinisa Aprinisa Universitas Bandar Lampung
  • Okta Ainita Universitas Bandar Lampung
  • Niki Agus Santoso Universitas Lampung
  • Appin Purisky Redaputri Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.90

Keywords:

Digital Marketing, Kopi, Gamba Kupi Liwa

Abstract

Digital marketing telah menjadi elemen krusial dalam promosi produk di era digital ini. Pelatihan dilakukan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada Komunitas Gamba Kupi Liwa tentang pemanfaatan tren modern dalam digital marketing, khususnya pada produk kopi Liwa di Lampung Barat. Pelatihan melibatkan pengenalan konsep-konsep terkini dalam pemasaran digital, analisis perilaku konsumen di platform digital, penggunaan media sosial, serta penerapan teknik analisis data. Peserta pelatihan diberikan wawasan praktis tentang bagaimana memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan visibilitas produk kopi Liwa. Strategi storytelling dan visualisasi kreatif juga diajarkan untuk memperkuat daya tarik merek. Pelatihan ini memberikan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola kampanye pemasaran digital yang efektif, dengan fokus pada kebutuhan pasar yang semakin berkembang. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa Komunitas Gamba Kupi Liwa dapat memanfaatkan tren modern seperti video marketing, influencer collaboration, dan e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam memperkuat kapasitas Komunitas Gamba Kupi Liwa dalam pemanfaatan digital marketing, membuka peluang baru dalam meningkatkan citra merek, dan mengoptimalkan kehadiran produk kopi Liwa di pasar yang semakin dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, O., Indrayana, M., & Supriyanta, S. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Penguatan Irt Teh Bunga Telang Penunjang Mitigasi Pandemi Agrowisata Lereng Merapi, Kabupaten Sleman. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 63–71. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1a.2975

Bahasoan, A. N., Ayuandiani, W., Mukhram, M., & Rahmat, A. (2020). Effectiveness of online learning in pandemic COVID-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 100-106.

Baroh, I., Selby Hamzah, M., & Harpowo, H. (2021). Analisis Pemasaran Biji Kopi Robusta di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Agriecobis: Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.22219/agriecobis.v4i1.15824

Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Promosi Bagi Keberlangsungan Bisnis Umkm. Journal Community Development and Society, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/cds.v1i1.1649 [2]

Firman, A. (2022). Dampak Pelatihan Mutasi dan Rotasi Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 265–278.

Gumulya, D., & Helmi, I. S. (2017). Kajian budaya minum kopi indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 13(2), 153-172.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.[3]

Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51-62.

Nurchayati, N., As, H., & Qiram, I. (2021). Upaya Pengembangan Kampung Toga Menjadi Kawasan Edukasi Jamu Berbasis Digital Pada Masyarakat Dusun Umbulrejo Desa Bagorejo Kecamatan Srono Kabupaten. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(2), 69–74. https://doi.org/doi.org/10.36339/je.v5i2.440

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45[4]

Prawira, N. G., Johari, A., Aditama, A., Hikmatyar, P., & Widaningsih, F. T. (2022). Pengembangan Desa Wisata Budaya Puncak Wangun Pasirmulya Kabupaten Bandung Melalui Perancangan Brand Identity dan Media Promosi Digital. 6(2), 5–14.

Ruspina, M. N., Muljawan, R. E., & Mutiara, F. (2019). Kontribusi Gabungan Kelompok Tani Dalam Pengembangan Produksi Kopi Bubuk Rumah Tangga (Studi Kasus Gapoktan Mekar Tani Di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang). Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 7(3).

Wisataone, V., AW, S., & Hidayati, U. (2021). Penggunaan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 4–12.[5]

Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya hidup kaitannya dengan keputusan konsumen dalam membeli minuman kop. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(1), 39-50.

Downloads

Published

24.10.2024

How to Cite

Dunan, H., Aprinisa, A., Ainita, O., Santoso, N. A., & Redaputri, A. P. (2024). Pemanfaatan Trend Modern dalam Digital Marketing Produk Kopi Liwa, Lampung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 132–140. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.90

Most read articles by the same author(s)