Uprading Digital Marketing UMKM Produsen Gula Semut di Desa Sendang Baru Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i1.38Keywords:
umkm, digital marketing, produsen, gula semutAbstract
Teknologi digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan telah memberikan dampak yang signifikan bagi keberlangsungan usaha kecil dan menengah (UMKM). Salah satu UMKM yang terpengaruh oleh teknologi digital adalah produsen gula semut di desa Sendang Baru, Lampung Tengah. Melalui digital marketing, diharapkan produsen gula semut dapat meningkatkan promosi dan pemasaran produk mereka secara efektif dan efisien. Dalam pengabdian ini, cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah dengan memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada pengusaha UMKM yang menjadi mitra. Dari kegiatan yang telah dilakukan, mitra cukup memahami tentang konsep digital marketing dan mampu menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran. Penambahan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran diharapkan dapat membantu mitra untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing mitra sebagai pengusaha UMKM.
Downloads
References
Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Sari, D. N., Ayu, I., Anggie, P., Hendrawan, E., Puastuti, D., Nagara, E. S., & Informasi, S. (2022). Tapis berseri. 1(1), 37–44.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Taufiq Rizaldi, H. A. P. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyrakat, 2, 56–59.
Utami, R. A. A., & Marzuko, A. (2021). Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Bahan Tambah Pasir Dan Kapur Terhadap Nilai Cbr. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.
Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hendri dunan, Tina Miniawati Barusman, Andala Rama Putra Barusman, Appin Purisky redaputri, Okta Ainita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Recca ayu hapsari, Okta ainita, Yulia Hesti, Penguatan Instrumentarium Yuridis Bagi Sistem Pelestarian Lingkungan Hidup Pada Penanganan Limbah Non B3 (Bahan Berbahaya Beracun) Melalui Optimalisasi Aplikasi Jelantrade (Jual Beli Minyak Jelantah) Guna Mendorong Kesadaran Masyarakat , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Andala Rama Putra Barusman, Hendri Dunan, Niki Agus Santoso, Aprinisa Aprinisa, Appin Purisky Redaputri, Optimasi Desain Packaging Produk Pada Komunitas Jumat Berkah Di Desa Adijaya, Lampung Tengah , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Robby Yuli Endra, Tina Miniawati Barusman , Hendri Dunan , Aprinisa A, Appin Purisky Redaputri, M Bintang Syahputra , Satriyawan Nuur Rasyid, Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm di Desa Ganjar Asri Metro , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Hendri Dunan, Aprinisa Aprinisa, Okta Ainita, Niki Agus Santoso, Appin Purisky Redaputri, Pemanfaatan Trend Modern dalam Digital Marketing Produk Kopi Liwa, Lampung Barat , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Andala Rama Putra Barusman, Defizal Defrizal, Tina Miniawati Barusman, Iskandar Ali Alam, Ahmad Cucus, Appin Purisky Redaputri, Peningkatan Kapabilitas Keuangan UMKM Desa Ganjar Asri, Kota Metro Melalui Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)