Uprading Digital Marketing UMKM Produsen Gula Semut di Desa Sendang Baru Lampung Tengah

Authors

  • Hendri dunan Universitas Bandar Lampung
  • Tina Miniawati Barusman Universitas Bandar Lampung
  • Andala Rama Putra Barusman Universitas Bandar Lampung
  • Appin Purisky redaputri Universitas Bandar Lampung
  • Okta Ainita Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i1.38

Keywords:

umkm, digital marketing, produsen, gula semut

Abstract

Teknologi digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan telah memberikan dampak yang signifikan bagi keberlangsungan usaha kecil dan menengah (UMKM). Salah satu UMKM yang terpengaruh oleh teknologi digital adalah produsen gula semut di desa Sendang Baru, Lampung Tengah. Melalui digital marketing, diharapkan produsen gula semut dapat meningkatkan promosi dan pemasaran produk mereka secara efektif dan efisien. Dalam pengabdian ini, cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah dengan memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada pengusaha UMKM yang menjadi mitra. Dari kegiatan yang telah dilakukan, mitra cukup memahami tentang konsep digital marketing dan mampu menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran. Penambahan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran diharapkan dapat membantu mitra untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing mitra sebagai pengusaha UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sari, D. N., Ayu, I., Anggie, P., Hendrawan, E., Puastuti, D., Nagara, E. S., & Informasi, S. (2022). Tapis berseri. 1(1), 37–44.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Taufiq Rizaldi, H. A. P. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyrakat, 2, 56–59.

Utami, R. A. A., & Marzuko, A. (2021). Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Bahan Tambah Pasir Dan Kapur Terhadap Nilai Cbr. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Downloads

Published

26.04.2023

How to Cite

dunan, H., Barusman, T. M., Barusman, A. R. P., redaputri, A. P., & Ainita, O. (2023). Uprading Digital Marketing UMKM Produsen Gula Semut di Desa Sendang Baru Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i1.38