Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm di Desa Ganjar Asri Metro

Authors

  • Robby Yuli Endra Universitas Bandar Lampung
  • Tina Miniawati Barusman Universitas Bandar Lampung, Indonesia
  • Hendri Dunan Uiversitas Bandar Lampung
  • Aprinisa A Uiversitas Bandar Lampung
  • Appin Purisky Redaputri Uiversitas Bandar Lampung
  • M Bintang Syahputra Uiversitas Bandar Lampung
  • Satriyawan Nuur Rasyid Uiversitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.70

Keywords:

umkm, digital marketing, Instagram, tiktok shop

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dasar digital marketing kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Ganjar Asri Metro. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta memiliki peningkatan yang signifikan dalam hal pemahaman tentang konsep dan strategi digital marketing, serta kemampuan untuk membuat dan mengelola akun media sosial dan platform online untuk bisnis mereka. Pelatihan ini juga memberikan dampak positif terhadap motivasi dan minat para peserta untuk mengembangkan usaha mereka melalui digital marketing. Rekomendasi yang diberikan kepada para peserta adalah untuk terus belajar dan berinovasi dalam menggunakan digital marketing, serta untuk berkolaborasi dan berjejaring dengan pelaku UMKM lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, F. (2021). 5 Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi. Www.Idntimes.Com.

Cindy, A. (2021). Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM? Www.Exabytes.Co.Id. https://www.exabytes.co.id/blog/digital-marketing-penting-bagi-umkm/

Komunikasi, D. (2022). GO DIGITAL STRATEGI MEMPERKUAT UMKM. Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Go-Digital-Strategi-Memperkuat-UMKM.aspx

Rulita, U. E. (2021). 6 Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital dan Penerapannya. Warungpintar.Co.Id. https://warungpintar.co.id/blog/6-strategi-pemasaran-umkm-di-era-digital/

Sitompul, P. (2022). DIGITALISASI MARKETING UMKM. Seminar Nasional Manajemen Dan AKuntansi, 1(1), 2022.

Telkomsel, A. (2022). Digital Marketing: Cara Efektif Berjualan untuk UMKM. Www.Telkomsel.Com. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Go-Digital-Strategi-Memperkuat-UMKM.aspx

Downloads

Published

06.11.2023

How to Cite

Robby Yuli Endra, Miniawati Barusman , T., Dunan , H., A, A., Purisky Redaputri, A., Syahputra , M. B. ., & Nuur Rasyid, S. . (2023). Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm di Desa Ganjar Asri Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 141–147. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.70

Most read articles by the same author(s)