Optimasi Desain Packaging Produk Pada Komunitas Jumat Berkah Di Desa Adijaya, Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.73Keywords:
Design Packaging, produk, umkmAbstract
Desain kemasan produk memainkan peran kunci dalam meningkatkan daya tarik dan keberhasilan produk di pasar, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menyajikan hasil dan pembahasan dari implementasi desain kemasan produk UMKM, fokus pada peningkatan daya tarik, diferensiasi dari pesaing, dan penciptaan identitas merek yang kuat. Melalui analisis data penjualan, umpan balik konsumen, dan respons pasar, ditemukan bahwa desain kemasan yang menarik secara visual secara signifikan berkontribusi pada peningkatan penjualan dan penerimaan positif konsumen. Identifikasi faktor-faktor keberhasilan, seperti kombinasi warna, elemen desain, dan strategi pemasaran, memberikan wawasan berharga untuk perencanaan pengembangan masa depan. Kesimpulan menyatakan pentingnya kesinambungan evaluasi dan adaptasi desain kemasan untuk tetap relevan dengan tren pasar dan preferensi konsumen. Hasil ini memberikan panduan bagi UMKM untuk mengoptimalkan desain kemasan produk mereka, menciptakan diferensiasi yang berarti, dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.
Downloads
References
Hardilawati, W. laura, Arista Tri Astuti, Alex Candra, Kintan Syafwa Prastika, & Muhammad Abrar Al-azhar. (2021). Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Khas Pekanbaru Melalui Pembaharuan Desain Packaging Dan Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2335
Indriani, E., Utomo, A., & Sari, C. T. (2019). Pengembangan Strategi Cluster Dan Literasi Desain Packaging Bagi Pelaku Umkm Di Kabupaten Karanganyar. Wasana Nyata, 3(1), 39–42. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i1.460
Sutrisno, A., & Kusuma, U. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Packaging Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kacang Emping Melinjo. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 5, 26–30. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/view/63%0Ahttp://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/download/63/59
Pambreni, Y., Udriyah, U., Mumtaz, N. A., & Firmansyah, H. (2023). Optimasi Desain Packaging dan Digital Marketing UMKM Dapoer Umi Navisah. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(2), 69–87. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i2.1569
Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 12–15. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andala Rama Putra Barusman, Hendri Dunan, Niki Agus Santoso, Aprinisa Aprinisa, Appin Purisky Redaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Hendri dunan, Tina Miniawati Barusman, Andala Rama Putra Barusman, Appin Purisky redaputri, Okta Ainita, Uprading Digital Marketing UMKM Produsen Gula Semut di Desa Sendang Baru Lampung Tengah , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Robby Yuli Endra, Tina Miniawati Barusman , Hendri Dunan , Aprinisa A, Appin Purisky Redaputri, M Bintang Syahputra , Satriyawan Nuur Rasyid, Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm di Desa Ganjar Asri Metro , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Andala Rama Putra Barusman, Defizal Defrizal, Tina Miniawati Barusman, Iskandar Ali Alam, Ahmad Cucus, Appin Purisky Redaputri, Peningkatan Kapabilitas Keuangan UMKM Desa Ganjar Asri, Kota Metro Melalui Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Hendri Dunan, Aprinisa Aprinisa, Okta Ainita, Niki Agus Santoso, Appin Purisky Redaputri, Pemanfaatan Trend Modern dalam Digital Marketing Produk Kopi Liwa, Lampung Barat , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)