Optimasi Desain Packaging Produk Pada Komunitas Jumat Berkah Di Desa Adijaya, Lampung Tengah

Authors

  • Andala Rama Putra Barusman Universitas Bandar Lampung
  • Hendri Dunan Universitas Bandar Lampung
  • Niki Agus Santoso Universitas Bandar Lampung
  • Aprinisa Aprinisa Universitas Bandar Lampung
  • Appin Purisky Redaputri Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.73

Keywords:

Design Packaging, produk, umkm

Abstract

Desain kemasan produk memainkan peran kunci dalam meningkatkan daya tarik dan keberhasilan produk di pasar, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menyajikan hasil dan pembahasan dari implementasi desain kemasan produk UMKM, fokus pada peningkatan daya tarik, diferensiasi dari pesaing, dan penciptaan identitas merek yang kuat. Melalui analisis data penjualan, umpan balik konsumen, dan respons pasar, ditemukan bahwa desain kemasan yang menarik secara visual secara signifikan berkontribusi pada peningkatan penjualan dan penerimaan positif konsumen. Identifikasi faktor-faktor keberhasilan, seperti kombinasi warna, elemen desain, dan strategi pemasaran, memberikan wawasan berharga untuk perencanaan pengembangan masa depan. Kesimpulan menyatakan pentingnya kesinambungan evaluasi dan adaptasi desain kemasan untuk tetap relevan dengan tren pasar dan preferensi konsumen. Hasil ini memberikan panduan bagi UMKM untuk mengoptimalkan desain kemasan produk mereka, menciptakan diferensiasi yang berarti, dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardilawati, W. laura, Arista Tri Astuti, Alex Candra, Kintan Syafwa Prastika, & Muhammad Abrar Al-azhar. (2021). Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Khas Pekanbaru Melalui Pembaharuan Desain Packaging Dan Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2335

Indriani, E., Utomo, A., & Sari, C. T. (2019). Pengembangan Strategi Cluster Dan Literasi Desain Packaging Bagi Pelaku Umkm Di Kabupaten Karanganyar. Wasana Nyata, 3(1), 39–42. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i1.460

Sutrisno, A., & Kusuma, U. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Packaging Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kacang Emping Melinjo. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 5, 26–30. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/view/63%0Ahttp://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/sabangkaabdimas/article/download/63/59

Pambreni, Y., Udriyah, U., Mumtaz, N. A., & Firmansyah, H. (2023). Optimasi Desain Packaging dan Digital Marketing UMKM Dapoer Umi Navisah. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(2), 69–87. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i2.1569

Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 12–15. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225

Downloads

Published

20.11.2023

How to Cite

Barusman, A. R. P., Dunan, H., Santoso, N. A. ., Aprinisa, A., & Redaputri, A. P. (2023). Optimasi Desain Packaging Produk Pada Komunitas Jumat Berkah Di Desa Adijaya, Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 169–174. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.73