Pemberdayaan Pengrajin Batik Tulis melalui Pembangunan Unit Usaha Lamban Batik di Pekon Sudimoro, Tanggamus

Authors

  • Betty magdalena institut informatika dan bisnis darmajaya
  • Meliyanti M Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.79

Keywords:

pengrajin, batik tulis, pekon

Abstract

Pengrajin batik tulis merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia yang kaya. Namun, di Pekon Sudimoro, Kabupaten Tanggamus, semangat para pengrajin batik tulis mulai meredup akibat berbagai tantangan, termasuk kurangnya motivasi dan akses ke pasar yang terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebuah proyek pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk memotivasi pengrajin batik tulis dan membangun unit usaha lamban batik sebagai upaya pemberdayaan ekonomi di wilayah tersebut. Dalam pengabdian ini, dilakukan serangkaian kegiatan, termasuk pelatihan keterampilan, pendampingan dalam manajemen bisnis, serta pembangunan unit usaha. Melalui pendekatan kolaboratif antara para pengrajin, akademisi, dan pemerintah setempat, hasil pengabdian ini berhasil meningkatkan semangat dan keterampilan pengrajin dalam menghasilkan batik tulis berkualitas serta memperluas akses pasar melalui unit usaha lamban batik. Diharapkan, pengabdian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat pengrajin batik tulis di Pekon Sudimoro, Tanggamus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amnah, A., Indera, I., Pebrina, P., Halimah, H., Jaya, I., & Agustina, F. (2021, September). Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 18-21).

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, no. 3(1): 39–59.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat diIndonesia.

Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, no. 9(1): 140–157.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski SintaSari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung, Retrieved fromhttp://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi.

Firdayanti, A., & Meliyanti, M. (2023). Pengenalan Elemen Komputer Dan Pelatihan Dasar Microsoft Office Pada Siswa Siswi Sd Mi Sunan Muria Di Desa Cilimus. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 311-316.

Halimah, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan Dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September).Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 1-6).

Magdalena, B., & Yohanson, A. K. (2022). Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan secara Manual dan Digital kepada Pemilik UMKM Omah Tahu. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), 2785-2792.

Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

Magdalena, B., & De Yusa, V. (2019). Pengembangan E-Commerce Dan Inovasi Produk Pisang Menjadi Stick Pisang Pekon Yogyakarta Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(01), 8-20.

N. Yuwita, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu, “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo,” Khidmatuna J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2021, doi: 10.51339/khidmatuna.v2i1.322.

Y. F. dan M. P. Tri Nur Fadilah, “Sosialisasi Pembuatan Nib Kepada Pelaku Umkm Di Dusun Kalangan, Candisari, Secang,” vol. 1, no. 2, pp. 175–182, 2021.

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Firdayanti, A., & Halimah, H. (2023). Digitalisasi Pemasaran Produk Untuk Peningkatan Pendapatan Umkm Klanting Di Desa Karang Raja. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5931-5936.

Khaidarmansyah, K., Nisar, N., Wasilah, W., & Halimah, H. (2023). Peningkatan Kualitas Usaha Di Desa Cilimus Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Melalui Online Single Submission (Oss). J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 69-76.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir terhadap Efisiensi Keuangan pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1115-1120.

Paramitasari, N., & Magdalena, B. (2021). Penerapan merek dan digital marketing dalam produksi pangan beras Desa Banjarsari. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(01), 42-51.

Meliyanti, M. (2023). Optimalisasi Pemasaran Produk Melalui Social Media Marketing pada Umkm Kopi Aroma Gs di Desa Gunung Sari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 134-140.

Downloads

Published

08.05.2024

How to Cite

magdalena, B. ., & M, M. (2024). Pemberdayaan Pengrajin Batik Tulis melalui Pembangunan Unit Usaha Lamban Batik di Pekon Sudimoro, Tanggamus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 35–43. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.79