Pelatihan Pengelolaan Keuangan Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Buku Warung Di UMKM Vista Abadi Desa Banjar Negeri Kecamatan Way Lima
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.110Keywords:
Buku Warung, umkm, digitalAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan berbasis digital di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Vista Abadi, Desa Banjar Negeri, Kecamatan Way Lima, melalui pelatihan penggunaan aplikasi Buku Warung. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi sosialisasi tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, demonstrasi penggunaan aplikasi, dan praktik langsung oleh peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi digital dan kemampuan peserta dalam mengoperasikan aplikasi Buku Warung. Sekitar 70% peserta beralih dari metode pencatatan manual ke pencatatan digital, yang meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan. Feedback positif dari peserta mencerminkan kepuasan terhadap materi yang disampaikan. Meskipun dampak langsung pada kinerja usaha memerlukan waktu lebih lama untuk dievaluasi, peserta melaporkan perbaikan dalam pengelolaan arus kas. Pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan UMKM dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di era digital.
Downloads
References
Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, No. 3(1): 39–59.
Desfiandi, A. (2023). Penerapan Digitalisasi Pada Umkm Chio Snack menggunakan Platform Simonik untuk memperluas Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 114-121. Hakim, L., Irianto, S. Y., Nursiyanto, N., & Saleh, S. (2024). Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Pokdarwis Kawasan Strategis Teluk Lampung Kabupaten Pesawaran. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 130-134.Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 1-6).
Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.
Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1115-1120.
Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.
Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjatauntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, No. 4(7): 131–151.
Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital Brandingkeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, No. 4(1): 49–
Https://Doi.Org/10.30587/Jre.V4i1.2217
Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.
Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). Pemanfaatan Pisang Sebagai Olahan Donat Di Pekon Karta Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 32-36).
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir Terhadap Efisiensi Keuangan Pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Desfiandi, Betty Magdalena, Risky Nugroho, Suwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Meliyanti M, Betty magdalena, Optimalisasi Pemasaran Produk Melalui Social Media Marketing pada Umkm Kopi Aroma Gs di Desa Gunung Sari , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Andi Desfiandi, Zuriana z, Penerapan Digitalisasi Pada Umkm Chio Snack menggunakan Platform Simonik untuk memperluas Pemasaran Produk , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Betty magdalena, Meliyanti M, Pemberdayaan Pengrajin Batik Tulis melalui Pembangunan Unit Usaha Lamban Batik di Pekon Sudimoro, Tanggamus , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Andi Desfiandi, Ary Meizary , Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Betty Magdalena, Suwandi, Nurul Fatimah , Penilaian Kinerja Pengrajin UMKM Tapis Kilu Andan Di Desa Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)