Optimalisasi Pemasaran Digital Koperasi Jasa Gunung Madu Menggunakan Whatsapp Business

Penulis

  • Betty magdalena institut informatika dan bisnis darmajaya
  • Muhammad Rafiq Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Yoan Budi Widjayanti Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.133

Kata Kunci:

Koperasi, Whatsapp Business, Pemasaran Digital

Abstrak

Koperasi Jasa Gunung Madu merupakan sebuah koperasi yang beroperasi di Lampung tepatnya di di komplek perumahan II PT GMP, Km 90 Gunung Batin Baru, Kecamatan Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah. Koperasi Jasa Gunung Madu hingga saat ini belum melaksanakan kegiatan pemasaran yang baik secara konvensional maupun digital. Koperasi Jasa Gunung Madu sudah memiliki Whatsapp Business akan tetapi hanya berfokus pada layanan simpan pinjam yang ditawarkan kepada anggota Koperasi Jasa Gunung Madu. Namun, hingga saat ini system pemasaran di media social atau strategi pemasaran digital seperti Whatsapp Business belum ada. Sedangkan di era ekonomi digital saat ini tanpa adanya pemasaran secara digital kehilangan peluang untuk mempermudah anggota/pelanggan dalam memberikan informasi terkait produk atau layanan yang dimiliki Koperasi Jasa Gunung Madu. Dengan menggunakan metode pelaksanaan pengabdian Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan yang sistematis untuk memastikan optimalisasi pemasaran digital Koperasi Jasa Gunung Madu melalui pemanfaatan WhatsApp Business. Dengan tahapan pelaksanaan Identifikasi Permasalahan dan Analisis Kebutuhan, Pelatihan dan Pendampingan Whatsapp Business, Implementasi dan Uji Coba Strategi Pemasaran, Monitoring dan Evaluasi, Menyusun laporan hasil pengabdian. Dari hasil pelaksanaan program ini diharapkan penerapan WhatsApp Business secara signifikan membantu koperasi dalam meningkatkan efektivitas pemasaran digital. Dengan memanfaatkan fitur bisnis yang tersedia, koperasi dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, mempercepat respons terhadap pertanyaan, dan meningkatkan jumlah transaksi

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amnah, A., Nursiyanto, N., & Wasilah, W. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN GANTUNGAN POT BUNGA BAGI KELOPOK IBU-IBU RUMAH TANGGA DIDESA KARANGANYAR LAMPUNG SELATAN. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1).

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, No. 3(1): 39–59.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Diindonesia.

sJurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, No. 9(1): 140–157.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.

Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.

Khaidarmansyah, K., & Firdayanti, A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 128-133.

Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1115-1120.

Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155-166.

Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40-47.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Maharsi, S. (2000). Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap bidang akuntansi manajemen. Jurnal Akuntansi dan keuangan, 2(2), 127-137.

Nugraha, H. P. (2021). Pengaruh Elemen Pemasaran Media Sosial Terhadap Keterlibatan Konsumen Pada Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek.

Rudyanto, R. (2018). Pengaruh Pemasaran jejaring media sosial dan keterkaitan konsumen terhadap niat beli konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 177-200.

Sulmiyyati, C. D. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAOS KAKI PADA PT SOKA CIPTA

NIAGA (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). PEMANFAATAN PISANG SEBAGAI OLAHAN DONAT DI PEKON KARTA KECAMATAN KOTA AGUNG TIMUR KABUPATEN TANGGAMUS. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 32-36).

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir Terhadap Efisiensi Keuangan Pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

magdalena, B. ., Rafiq, M. ., & Widjayanti , Y. B. . (2025). Optimalisasi Pemasaran Digital Koperasi Jasa Gunung Madu Menggunakan Whatsapp Business. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 57–64. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.133