Penilaian Kinerja Pengrajin UMKM Tapis Kilu Andan Di Desa Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran

Authors

  • Betty Magdalena institut informatika dan bisnis darmajaya
  • Suwandi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Nurul Fatimah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.109

Keywords:

tapis kilu, umkm, pengrajin

Abstract

UMKM Tapis Kilu Andan di Desa Baturaja, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran memiliki potensi besar dalam melestarikan warisan budaya dan meningkatkan perekonomian lokal. beberapa permasalahan yang menjadi hambatan antara lain kurangnya akses terhadap pasar yang lebih luas, terbatasnya pengetahuan tentang manajemen usaha modern, serta persaingan dengan produk serupa dari daerah lain. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pengrajin, serta studi dokumentasi. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan rekomendasi yang konkret guna meningkatkan kinerja pengrajin Tapis Kilu Andan. Rekomendasi tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi kendala yang dihadapi, meningkatkan kualitas produk, memperluas akses pasar, serta pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. Melestarikan budaya lampung, membantu aparatur desa dalam mengelola web desa (smart village), dan membantu mengembangkan usaha kecil dan rumahan seperti UMKM Tapis Kilu Andan yang dimiliki oleh bapak Irliyanto yang telah berdiri sejak tahun 90-an dan memiliki 24 pengrajin tapis yang terdiri dari 22 pengrajin Perempuan dan 2 pengrajin laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung, Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.

Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1115-1120.

Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital Brandingkeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, No. 4(1): 49–

Https://Doi.Org/10.30587/Jre.V4i1.2217

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). Pemanfaatan Pisang Sebagai Olahan Donat Di Pekon Karta Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 32-36).

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir Terhadap Efisiensi Keuangan Pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Downloads

Published

25.10.2024

How to Cite

Magdalena, B., Suwandi, & Fatimah , N. . (2024). Penilaian Kinerja Pengrajin UMKM Tapis Kilu Andan Di Desa Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 153–158. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.109