Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran UMKM Chio Snack di Desa Trimulyo

Authors

  • Pebrina Swissia Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Halimah h institut informatika dan bisnis darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.78

Keywords:

digital marketing, umkm, pemasaran

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam strategi pemasaran telah menjadi fokus utama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam upaya memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. UMKM menghadapi hambatan dalam mengakses dan menggunakan teknologi digital untuk pemasaran mereka. Tidak semua konsumen terbiasa atau percaya dengan pembelian online atau interaksi dengan merek melalui platform digital. Ada tantangan dalam mengubah perilaku konsumen tradisional menjadi konsumen digital, yang memerlukan upaya tambahan dalam mendidik dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat menggunakan layanan digital. Pengabdian ini menggali potensi penerapan digital marketing sebagai sarana pengembangan pemasaran bagi UMKM Chio Snack di Desa Trimulyo. Metode pengabdian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing, termasuk penggunaan media sosial, website, dan pemasaran melalui platform daring, telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan visibilitas dan akses pasar bagi UMKM Chio Snack. Selain itu, strategi digital marketing juga membantu dalam membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan serta meningkatkan kesadaran merek. Pengabdian ini memberikan wawasan yang berharga bagi UMKM lainnya dalam memanfaatkan potensi digital marketing sebagai alat pengembangan pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amnah, A., Indera, I., Pebrina, P., Halimah, H., Jaya, I., & Agustina, F. (2021, September). Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 18-21).

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, no. 3(1): 39–59.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat diIndonesia.

Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, no. 9(1): 140–157.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski SintaSari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved fromhttp://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi

Halimah, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan Dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September).Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 1-6).

N. Yuwita, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu, “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo,” Khidmatuna J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2021, doi: 10.51339/khidmatuna.v2i1.322.

Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

sasanadigital.com. (2022). Mengenal Apa Itu Landing Page Lengkap Beserta Contohnya. Sasanadigital.Com.https://sasanadigital.com/apa-itu-landing-page/

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran SenjataUntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, no. 4(7): 131–151.

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital BrandingKeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, no. 4(1): 49–

https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2217

Y. F. dan M. P. Tri Nur Fadilah, “Sosialisasi Pembuatan Nib Kepada Pelaku Umkm Di Dusun Kalangan, Candisari, Secang,” vol. 1, no. 2, pp. 175–182, 2021.

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Firdayanti, A., & Halimah, H. (2023). Digitalisasi Pemasaran Produk Untuk Peningkatan Pendapatan Umkm Klanting Di Desa Karang Raja. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5931-5936.

Khaidarmansyah, K., Nisar, N., Wasilah, W., & Halimah, H. (2023). Peningkatan Kualitas Usaha Di Desa Cilimus Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Melalui Online Single Submission (Oss). J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 69-76.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir terhadap Efisiensi Keuangan pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Downloads

Published

08.05.2024

How to Cite

Swissia , P. ., & h, H. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran UMKM Chio Snack di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 44–49. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.78