Peningkatan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan untuk UMKM di Desa Trimulyo

Penulis

  • Pebrina Swissia Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Halimah h Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Ochi Marshella Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.132

Kata Kunci:

Literasi Digital, Manajemen Keuangan, UMKM

Abstrak

UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi lokal, namun masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran serta manajemen keuangan yang efektif. Rendahnya literasi digital dan kurangnya pemahaman tentang pencatatan keuangan yang baik menjadi kendala utama bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka. Metode yang diterapkan dalam program ini mencakup beberapa tahapan, yaitu (1) Survei untuk untuk mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan UMKM, (2) Sosialisasi dan Edukasi untuk memperkenalkan pentingnya literasi digital dan manajemen keuangan bagi keberlanjutan usaha, (3) Pelatihan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan diberikan secara langsung kepada pelaku UMKM, (4) Sesi pendampingan untuk membantu pelaku UMKM menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam menggunakan teknologi digital untuk mendukung pemasaran produk mereka. UMKM yang sebelumnya hanya mengandalkan metode konvensional mulai memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, dalam aspek keuangan, peserta mulai menerapkan pencatatan transaksi usaha secara lebih sistematis menggunakan aplikasi sederhana seperti Excel dan aplikasi keuangan berbasis mobile. Kesadaran akan pentingnya pemisahan keuangan pribadi dan bisnis juga meningkat, membantu pelaku usaha dalam mengelola keuangan secara lebih efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amnah, A., Indera, I., Pebrina, P., Halimah, H., Jaya, I., & Agustina, F. (2021, September). Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 18-21).

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, no. 3(1): 39–59.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat diIndonesia.

Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, no. 9(1): 140–157.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski SintaSari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved fromhttp://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi

Halimah, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan Dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September).Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 1-6).

N. Yuwita, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu, “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo,” Khidmatuna J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2021, doi: 10.51339/khidmatuna.v2i1.322.

Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

sasanadigital.com. (2022). Mengenal Apa Itu Landing Page Lengkap Beserta Contohnya. Sasanadigital.Com.https://sasanadigital.com/apa-itu-landing-page/

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran SenjataUntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, no. 4(7): 131–151.

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital BrandingKeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, no. 4(1): 49–

https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2217

Y. F. dan M. P. Tri Nur Fadilah, “Sosialisasi Pembuatan Nib Kepada Pelaku Umkm Di Dusun Kalangan, Candisari, Secang,” vol. 1, no. 2, pp. 175–182, 2021.

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Firdayanti, A., & Halimah, H. (2023). DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM KLANTING DI DESA KARANG RAJA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5931-5936.

Khaidarmansyah, K., Nisar, N., Wasilah, W., & Halimah, H. (2023). PENINGKATAN KUALITAS USAHA DI DESA CILIMUS MELALUI SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMBUATAN NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB) MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS). J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 69-76.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir terhadap Efisiensi Keuangan pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Swissia, P., h, H., & Marshella, O. . (2025). Peningkatan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan untuk UMKM di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 85–91. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.132