Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Profitabilitas UMKM Jamu di Kelurahan Imupuro Metro Pusat

Authors

  • Pebrina Swissia Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Halimah institut informatika dan bisnis darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.105

Keywords:

Profitabilitas, UMKM, Jamu Lokal

Abstract

Pengabdian ini bertujuan mengimplementasikan strategi pemasaran digital melalui media sosial untuk meningkatkan profitabilitas UMKM jamu di Kelurahan Imupuro, Metro Pusat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media sosial, diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk jamu lokal. Melalui pelatihan dan pendampingan, UMKM dilatih untuk mengelola akun media sosial, membuat konten menarik, serta menganalisis data kinerja. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada jumlah pengikut, interaksi, dan penjualan produk. Selain itu, penerapan analisis data memungkinkan UMKM untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan data yang diperoleh. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan daya saing UMKM jamu dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amnah, A., Indera, I., Pebrina, P., Halimah, H., Jaya, I., & Agustina, F. (2021, September). Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 18-21).

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, no. 3(1): 39–59.

Halimah, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan Dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September).Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 1-6).

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran SenjataUntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, no. 4(7): 131–151.

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital BrandingKeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, no. 4(1): 49–

https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2217

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). Pemanfaatan Pisang Sebagai Olahan Donat Di Pekon Karta Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 32-36).

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir terhadap Efisiensi Keuangan pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Downloads

Published

23.10.2024

How to Cite

Swissia , P., & Halimah. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Profitabilitas UMKM Jamu di Kelurahan Imupuro Metro Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 78–84. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.105