Optimalisasi Layanan Administrasi Perdata melalui Penerapan User Centered Design pada Desain Antarmuka Digital di Pengadilan Negeri Bale Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.152Kata Kunci:
User Centered Design, Administrasi Perdata, Digitalisasi Layanan, Desain UI, Pengabdian kepada MasyarakatAbstrak
Pengelolaan layanan administrasi perkara perdata di Pengadilan Negeri Bale Bandung masih menghadapi tantangan dalam hal efisiensi dan kemudahan akses bagi masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membantu mitra dalam mengoptimalkan tata kelola layanan administrasi melalui perancangan antarmuka aplikasi digital berbasis User Centered Design (UCD). Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, perancangan antarmuka dengan prinsip UCD, pengujian prototipe, serta pendampingan penggunaan bagi staf terkait. Hasil kegiatan menunjukkan tersusunnya desain antarmuka aplikasi digital yang lebih intuitif, mudah digunakan, dan sesuai kebutuhan pengguna, sehingga mampu meningkatkan efisiensi layanan serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat. Dengan demikian, kegiatan PkM ini tidak hanya memberikan solusi praktis bagi mitra, tetapi juga menjadi kontribusi nyata dalam mendukung transformasi digital di bidang administrasi kependudukan.
Unduhan
Referensi
Akbar, I., Nursyanti, R., Ramadhani, M. W., & Setiawan, D. (2025). Introduction Training on How Search Engine Marketing Works for Digital Marketing Platforms for students of SMAN 16 Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 92-96.
Eldo, D., Hannan, I., Isnani, I., Khabibah, A., & Puspitasari, A. (2025). Optimalisasi Administrasi Kependudukan Melalui Program Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus di Desa Putat, Kecamatan Bulu. Indonesian Journal of Public Administration Review, 2(4), 14-14.
Haerani, T., & Kurniawati, A. C. D. (2025). PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE REKAM MEDIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) DI LABORATORIUM RME UNIVERSITAS ESA UNGGUL. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 8(2), 2087-2093.
Lumbantoruan, W. D. Y. (2025). Sistem Informasi Pengolahan Data Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri. ADA Journal of Information System Research, 2(3), 121-129.
Nursyanti, R., Setiana, E., Marwondo, Restreva Danestiara, V. ., Prakarsa, G. ., Ikhsan Nur, M. ., & Teofilus Hendrawan, Y. . (2024). Optimasi Penggunaan Teknologi Dan Akses Digital Untuk Pendidikan Lanjutan Pada Kober Nurul Ikhlas . Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 159–165. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.114
Pramono, A., & Saputra, J. W. (2025). Implementasi User Centered Design Dan A/B Testing Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Dengan Integrasi Virtual Reality. Jurnal MNEMONIC Vol, 8(1).
Putra, A. A. A. W., Wirdianthi, N. L. R. P., & Azzaky, R. K. (2025). Perancangan UI/UX aplikasi stunting your buddy dengan metode user-centered design. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 6(1), 115-127.
Septiandika, V., Yunus, E. Y., & Kristiyono, K. (2025). Optimalisasi Layanan Administrasi Kependudukan Desa Melalui Pembinaan Aparatur Di Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 237-242.
Sukiman, S., Nistrina, K., & Sutiyono, S. (2025). Optimalisasi Layanan Publik Melalui Pelatihan Sistem Administrasi Digital. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 4(2), 111-116.
Sumantri, R. A. (2025). Implementasi penggunaan aplikasi E-Court dalam penyelesaian perkara perdata tingkat pertama dihubungkan dengan PERMA no. 1 tahun 2019 studi kasus: Pengadilan Agama Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reni Nursyanti, M. Tonny Heru Susanto, Fajar Muhammad Fajar Romadhon, Qaysa Muhammad Qaysa Al Haq, Ahmad Dimyati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Reni Nursyanti, R. Yadi Rakhman Alamsyah, Luthfi Fadle Rynaldy, Implementasi dan Sosialisasi Aplikasi Pengolahan Data Kesejahteraan Keluarga pada Program Dasa Wisma Pkk Pendataan Keluarga Rw.06 Desa Cimekar Kabupaten Bandung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Reni Nursyanti, Marwodo M, Digital Marketing bagi Pemula untuk Peningkatan Penjualan Produk UMKM pada Anggota Karang Taruna Budhi Wibawa , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Reni Nursyanti, Elia Setiana, Marwondo, Venia Restreva Danestiara, Graha Prakarsa, Muhammad Ikhsan Nur, Yesaya Teofilus Hendrawan, Optimasi Penggunaan Teknologi Dan Akses Digital Untuk Pendidikan Lanjutan Pada Kober Nurul Ikhlas , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Marwondo, Reni Nursyanti , Mohamad Erlangga Kurnia , Automatic Watering System Berbasis Internet of Thing (IoT) untuk Peningkatan Produksi Pertanian , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Imannudin Akbar, Reni Nursyanti, Muhammad Wahyu Ramadhani, Dani Setiawan, Pelatihan Pengenalan Cara Kerja Search Engine Marketing untuk Platfom Digital Marketing kepada siswa SMAN 16 Bandung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Yadi rakhman, Reni Nursyanti, Muhammad Azhar Ruddiya Ilmalyaqin, Sadar Hukum Online Speech di Media Sosial untuk Anggota Karang Taruna Desa Tunggilis , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
