Optimalisasi Layanan Administrasi Perdata melalui Penerapan User Centered Design pada Desain Antarmuka Digital di Pengadilan Negeri Bale Bandung

Penulis

  • Reni Nursyanti Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia
  • M. Tonny Heru Susanto Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia
  • Fajar Muhammad Fajar Romadhon Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia
  • Qaysa Muhammad Qaysa Al Haq Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia
  • Ahmad Dimyati Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.152

Kata Kunci:

User Centered Design, Administrasi Perdata, Digitalisasi Layanan, Desain UI, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstrak

Pengelolaan layanan administrasi perkara perdata di Pengadilan Negeri Bale Bandung masih menghadapi tantangan dalam hal efisiensi dan kemudahan akses bagi masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membantu mitra dalam mengoptimalkan tata kelola layanan administrasi melalui perancangan antarmuka aplikasi digital berbasis User Centered Design (UCD). Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, perancangan antarmuka dengan prinsip UCD, pengujian prototipe, serta pendampingan penggunaan bagi staf terkait. Hasil kegiatan menunjukkan tersusunnya desain antarmuka aplikasi digital yang lebih intuitif, mudah digunakan, dan sesuai kebutuhan pengguna, sehingga mampu meningkatkan efisiensi layanan serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat. Dengan demikian, kegiatan PkM ini tidak hanya memberikan solusi praktis bagi mitra, tetapi juga menjadi kontribusi nyata dalam mendukung transformasi digital di bidang administrasi kependudukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, I., Nursyanti, R., Ramadhani, M. W., & Setiawan, D. (2025). Introduction Training on How Search Engine Marketing Works for Digital Marketing Platforms for students of SMAN 16 Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 92-96.

Eldo, D., Hannan, I., Isnani, I., Khabibah, A., & Puspitasari, A. (2025). Optimalisasi Administrasi Kependudukan Melalui Program Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus di Desa Putat, Kecamatan Bulu. Indonesian Journal of Public Administration Review, 2(4), 14-14.

Haerani, T., & Kurniawati, A. C. D. (2025). PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE REKAM MEDIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) DI LABORATORIUM RME UNIVERSITAS ESA UNGGUL. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 8(2), 2087-2093.

Lumbantoruan, W. D. Y. (2025). Sistem Informasi Pengolahan Data Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri. ADA Journal of Information System Research, 2(3), 121-129.

Nursyanti, R., Setiana, E., Marwondo, Restreva Danestiara, V. ., Prakarsa, G. ., Ikhsan Nur, M. ., & Teofilus Hendrawan, Y. . (2024). Optimasi Penggunaan Teknologi Dan Akses Digital Untuk Pendidikan Lanjutan Pada Kober Nurul Ikhlas . Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 159–165. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.114

Pramono, A., & Saputra, J. W. (2025). Implementasi User Centered Design Dan A/B Testing Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Dengan Integrasi Virtual Reality. Jurnal MNEMONIC Vol, 8(1).

Putra, A. A. A. W., Wirdianthi, N. L. R. P., & Azzaky, R. K. (2025). Perancangan UI/UX aplikasi stunting your buddy dengan metode user-centered design. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 6(1), 115-127.

Septiandika, V., Yunus, E. Y., & Kristiyono, K. (2025). Optimalisasi Layanan Administrasi Kependudukan Desa Melalui Pembinaan Aparatur Di Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 237-242.

Sukiman, S., Nistrina, K., & Sutiyono, S. (2025). Optimalisasi Layanan Publik Melalui Pelatihan Sistem Administrasi Digital. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 4(2), 111-116.

Sumantri, R. A. (2025). Implementasi penggunaan aplikasi E-Court dalam penyelesaian perkara perdata tingkat pertama dihubungkan dengan PERMA no. 1 tahun 2019 studi kasus: Pengadilan Agama Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Diterbitkan

2025-11-20

Cara Mengutip

Nursyanti, R., M. Tonny Heru Susanto, Muhammad Fajar Romadhon, F., Muhammad Qaysa Al Haq, Q., & Dimyati, A. (2025). Optimalisasi Layanan Administrasi Perdata melalui Penerapan User Centered Design pada Desain Antarmuka Digital di Pengadilan Negeri Bale Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(2), 229–234. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.152

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama