Pelatihan Pengenalan Cara Kerja Search Engine Marketing untuk Platfom Digital Marketing kepada siswa SMAN 16 Bandung

Penulis

  • Imannudin Akbar Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Reni Nursyanti Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Muhammad Wahyu Ramadhani Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Dani Setiawan Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.137

Kata Kunci:

SEM, digital marketing, internet

Abstrak

Seiring berjalannya waktu, perusahaan telah memulai untuk merubah sistem pemasaran dari sistem konvensional menuju sistem modern dengan memanfaatkan internet. Hal ini juga didukung dengan kemudahan mengakses sosial media, bertransaksi, dan berkomunikasi secara daring yang semakin membuat pemasaran dengan memanfaatkan internet lebih menguntungkan. Dengan masifnya pengguna internet dan aktifnya pengguna media digital, hal ini melahirkan potensi dan peluang bisnis baru yang dikenal dengan digital marketing. Strategi digital marketing diperkirakan memiliki pengaruh hingga 78% terhadap keunggulan bersaing suatu unit usaha dalam memasarkan produknya. Digital marketing memungkinkan rangkaian relevansi digital adaptif yang berisikan aktivitas pemasaran, lembaga, proses, dan pelanggan secara signifikan, sehingga menciptakan pertumbuhan pelanggan yang beralih ke media digital 20% setiap tahun dan pengguna yang muda menjadi jajaran pembeli. Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website kita karena SEM yang efektif dapat menempatkan website kita di halaman pertama dalam mesin pencarian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fathorrahman, dkk. (2024). Pengaruh Konten Berkualitas, Search Engine Optimization (SEO) dan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Kampanye Digital MarketingPada UMKM di Kabupaten Sumenep. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Organisasi. Vol 02 No 02. https://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/EKTASI/article/view/2712/761.

Nursyanti, R, dkk. (2024). Optimasi Penggunaan Teknologi Dan Akses Digital Untuk Pendidikan Lanjutan Pada Kober Nurul Ikhlas. Jurnal Pengabdian Masyarakat : Tapis Berseri. Vol 03. No 2. https://tapisberseri.ubl.ac.id/index.php/jpmtapisberseri/article/view/114

Waki’ah dan Heri Prasetyo. (2024). Analisis Startegi Digital Marketing Melalui Sosial Media dalam Meningkatkan Omset Penjualan(Studi Kasus Bebek Sanjay Yogyakarta). Nikamabi. VOL.3.NO.2 (2024). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/3214/2234

Rismawati, Wahyuni, Dewi U, Lestari, M. (2024). Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Online dalam Keputusan Pembelian Pengguna Produk Shopee di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi. Vol 17 No 2. https://ejournal.stiekia.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/250/340

Tanjung, Boma J, dkk. (2023). Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia. Vol 1 No 2. https://ejurnal-wit.ac.id/index.php/JIMI/article/view/135/125

Doni Setiawan dan Fullchis Nurtjahjan. (2021). Pengaruh Digital Marketing (Pemasaran Digital) Dan Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Awesam Storekota Malang.

Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 7 No 2. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/1927/1468.

Arifin, B, Hudalil, Ahiruddin. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. Vol 4 No 2. https://jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/474/1797.

Mufidah, Dina F, Yulianti, F, Abidin, R. (2022). Analisis Strategi Digital MarketingMelalui Media Sosial Terhadap Minat Belanja Online Masyarakat. Jurnal Sahmiyya. Vol 1 No 2. https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/683/479.

Anisa, Utami. (2023). Peran Penggunaan Search Engine Marketing Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Brand Awareness Berdasarkan Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada PT. Sanjaya Farm Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Diva Syavira Permata Putri dan Yayuk Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produkjasa Pada Fintech Syariah (Studi Pada Erahn.id). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol 7 No 3. https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/14725/pdf.

Brahmastya Artanto dan Sayyidah Maulidatul Afraah. (2025). Analisis Strategi Search Engine Marketing (SEM) Pada Website Online Travel Agencies (OTA). Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2025.

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Akbar, I., Nursyanti, R. ., Ramadhani, M. W. ., & Setiawan, D. . (2025). Pelatihan Pengenalan Cara Kerja Search Engine Marketing untuk Platfom Digital Marketing kepada siswa SMAN 16 Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 92–96. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama