Tantangan dan Peluang Bisnis Agribisnis Digital

Penulis

  • Arnold Ropen Sinaga Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Imannudin Akbar Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Gita Ayu Lestari Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.138

Kata Kunci:

Agribisnis digital, Transformasi Teknologi, Peluang dan Tantangan

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam sektor agribisnis, menciptakan peluang baru sekaligus memunculkan tantangan. Latar belakang dari studi ini berangkat dari kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan serta menggali peluang dalam penerapan agribisnis digital di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara dengan pelaku agribisnis dan pakar teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi membuka peluang dalam hal akses pasar, peningkatan produktivitas, dan efisiensi distribusi. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital siswa-siswi SMKN PP Lembang, dan ketimpangan akses teknologi masih menjadi hambatan utama. Kesimpulannya, untuk mengoptimalkan potensi agribisnis digital, dibutuhkan strategi kolaboratif yang melibatkan pemerintah, swasta, dan institusi pendidikan guna menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Br Hardi, R., & Arifin, A. Z. (2023). Pengaruh information dan communication technology adoption serta digital transformation terhadap asset growth UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 537. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i3.23866

Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138. https://doi.org/10.14710/jmr.v10i1.29677

Maryati, W., & Masriani, I. (2019). PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 125. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62

Peran Strategis Duta Wisata dan Duta Budaya sebagai Media Promosi Destinasi: Kajian Komunikasi Pemasaran Pariwisata Berbasis Sosial Budaya. (n.d.).

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 112. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700

Putong, I. H. (2023). Digitalization Strategy of Small and Medium Enterprises (SMEs) of Agribusiness Sector at North Sulawesi. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(5). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i5/16917

Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422

Wicaksono, S. R. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL - SUDUT PANDANG ANALISIS SWOT. In Zenodo (CERN European Organization for Nuclear Research). European Organization for Nuclear Research. https://doi.org/10.5281/zenodo.7703463

Yudantri, A. S., Widodo, A., Rubyanti, N., & Silvianita, A. (2025). The Effect of Customer Experience and Brand Image on Customer Loyalty with Mediation of Customer Satisfaction in the Culinary Industry. Formosa Journal of Applied Sciences, 4(1), 103. https://doi.org/10.55927/fjas.v4i1.12914

Yunianto, E., & Taryadi, T. (2022). Implementasi Fuzzy Decision Making Untuk Pemilihan Marketplace. Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(1), 100. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3253 odić, D., Milivojević, Z. N., & Maluckov, Č. A. (2014). Script Characterization in the Old Slavic Documents. Dalam A. Elmoataz, O. Lezoray, F. Nouboud, & D. Mammass (Penyunt.), International Conference on Image and Signal Processing (hal. 230-238). Cherbourg, France: Springer, Cham. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-319-07998-1_26

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Sinaga, A. R., Akbar, I. ., & Lestari, G. A. . (2025). Tantangan dan Peluang Bisnis Agribisnis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 72–76. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.138