Tantangan dan Peluang Bisnis Agribisnis Digital
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.138Kata Kunci:
Agribisnis digital, Transformasi Teknologi, Peluang dan TantanganAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam sektor agribisnis, menciptakan peluang baru sekaligus memunculkan tantangan. Latar belakang dari studi ini berangkat dari kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan serta menggali peluang dalam penerapan agribisnis digital di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara dengan pelaku agribisnis dan pakar teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi membuka peluang dalam hal akses pasar, peningkatan produktivitas, dan efisiensi distribusi. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital siswa-siswi SMKN PP Lembang, dan ketimpangan akses teknologi masih menjadi hambatan utama. Kesimpulannya, untuk mengoptimalkan potensi agribisnis digital, dibutuhkan strategi kolaboratif yang melibatkan pemerintah, swasta, dan institusi pendidikan guna menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan
Unduhan
Referensi
Br Hardi, R., & Arifin, A. Z. (2023). Pengaruh information dan communication technology adoption serta digital transformation terhadap asset growth UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 537. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i3.23866
Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138. https://doi.org/10.14710/jmr.v10i1.29677
Maryati, W., & Masriani, I. (2019). PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 125. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62
Peran Strategis Duta Wisata dan Duta Budaya sebagai Media Promosi Destinasi: Kajian Komunikasi Pemasaran Pariwisata Berbasis Sosial Budaya. (n.d.).
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 112. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Putong, I. H. (2023). Digitalization Strategy of Small and Medium Enterprises (SMEs) of Agribusiness Sector at North Sulawesi. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(5). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i5/16917
Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422
Wicaksono, S. R. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL - SUDUT PANDANG ANALISIS SWOT. In Zenodo (CERN European Organization for Nuclear Research). European Organization for Nuclear Research. https://doi.org/10.5281/zenodo.7703463
Yudantri, A. S., Widodo, A., Rubyanti, N., & Silvianita, A. (2025). The Effect of Customer Experience and Brand Image on Customer Loyalty with Mediation of Customer Satisfaction in the Culinary Industry. Formosa Journal of Applied Sciences, 4(1), 103. https://doi.org/10.55927/fjas.v4i1.12914
Yunianto, E., & Taryadi, T. (2022). Implementasi Fuzzy Decision Making Untuk Pemilihan Marketplace. Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(1), 100. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3253 odić, D., Milivojević, Z. N., & Maluckov, Č. A. (2014). Script Characterization in the Old Slavic Documents. Dalam A. Elmoataz, O. Lezoray, F. Nouboud, & D. Mammass (Penyunt.), International Conference on Image and Signal Processing (hal. 230-238). Cherbourg, France: Springer, Cham. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-319-07998-1_26
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arnold Ropen Sinaga, Imannudin Akbar, Gita Ayu Lestari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel Serupa
- Elia Setiana, Budiman, Nur Alamsyah, Atanasius Angga S.W. Manurip, Tantangan dan Peluang Gen Z Menjadi Agripreneur di Era Marketplace Digital , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Acep Hendra, Chairul Habibi, Diki Ramadan, Azka Khafifan Mikala, Strategi Digital untuk Agripreneur 4.0: Meningkatkan Pemasaran, Penjualan, dan Branding dalam Agribisnis , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Imannudin Akbar, Reni Nursyanti, Muhammad Wahyu Ramadhani, Dani Setiawan, Pelatihan Pengenalan Cara Kerja Search Engine Marketing untuk Platfom Digital Marketing kepada siswa SMAN 16 Bandung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)