Tantangan dan Peluang Gen Z Menjadi Agripreneur di Era Marketplace Digital

Penulis

  • Elia Setiana Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Budiman Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Nur Alamsyah Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Atanasius Angga S.W. Manurip Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.141

Kata Kunci:

Agribisnis, Platform digital, Start Up

Abstrak

Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak utama dalam transformasi sektor pertanian melalui agripreneurship. Namun, di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan marketplace digital, mereka juga menghadapi sejumlah tantangan signifikan. Penelitian ini membahas berbagai hambatan yang dihadapi Gen Z dalam memulai dan mengembangkan usaha agribisnis digital, seperti kurangnya akses terhadap modal, keterbatasan pengetahuan teknis di bidang pertanian, serta minimnya bimbingan dari pelaku industri. Di sisi lain, muncul berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan, termasuk kemudahan pemasaran melalui platform digital, tren gaya hidup sehat yang meningkatkan permintaan produk pertanian organik, dan dukungan pemerintah terhadap start-up pertanian. Dengan pendekatan yang adaptif, inovatif, dan kolaboratif, Gen Z memiliki peluang besar untuk menjadi agen perubahan dalam pembangunan sektor pertanian modern yang berkelanjutan. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi strategis bagi pemangku kepentingan dalam mendorong lahirnya agripreneur muda berbasis digital di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Br Hardi, R., & Arifin, A. Z. (2023). Pengaruh information dan communication technology adoption serta digital transformation terhadap asset growth UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 537. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i3.23866

Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138. https://doi.org/10.14710/jmr.v10i1.29677

Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422

Wicaksono, S. R. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL - SUDUT PANDANG ANALISIS SWOT. In Zenodo (CERN European Organization for Nuclear Research). European Organization for Nuclear Research. https://doi.org/10.5281/zenodo.7703463

Yudantri, A. S., Widodo, A., Rubyanti, N., & Silvianita, A. (2025). The Effect of Customer Experience and Brand Image on Customer Loyalty with Mediation of Customer Satisfaction in the Culinary Industry. Formosa Journal of Applied Sciences, 4(1), 103. https://doi.org/10.55927/fjas.v4i1.12914

Yunianto, E., & Taryadi, T. (2022). Implementasi Fuzzy Decision Making Untuk Pemilihan Marketplace. Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(1), 100. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3253 odić, D., Milivojević, Z. N., & Maluckov, Č. A. (2014). Script Characterization in the Old Slavic Documents. Dalam A. Elmoataz, O. Lezoray, F. Nouboud, & D. Mammass (Penyunt.), International Conference on Image and Signal Processing (hal. 230-238). Cherbourg, France: Springer, Cham. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-319-07998-1_26

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Setiana, E., Budiman, Nur Alamsyah, & S.W. Manurip, A. A. . (2025). Tantangan dan Peluang Gen Z Menjadi Agripreneur di Era Marketplace Digital . Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 123–127. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.141

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama