Tantangan dan Peluang Gen Z Menjadi Agripreneur di Era Marketplace Digital
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.141Kata Kunci:
Agribisnis, Platform digital, Start UpAbstrak
Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak utama dalam transformasi sektor pertanian melalui agripreneurship. Namun, di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan marketplace digital, mereka juga menghadapi sejumlah tantangan signifikan. Penelitian ini membahas berbagai hambatan yang dihadapi Gen Z dalam memulai dan mengembangkan usaha agribisnis digital, seperti kurangnya akses terhadap modal, keterbatasan pengetahuan teknis di bidang pertanian, serta minimnya bimbingan dari pelaku industri. Di sisi lain, muncul berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan, termasuk kemudahan pemasaran melalui platform digital, tren gaya hidup sehat yang meningkatkan permintaan produk pertanian organik, dan dukungan pemerintah terhadap start-up pertanian. Dengan pendekatan yang adaptif, inovatif, dan kolaboratif, Gen Z memiliki peluang besar untuk menjadi agen perubahan dalam pembangunan sektor pertanian modern yang berkelanjutan. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi strategis bagi pemangku kepentingan dalam mendorong lahirnya agripreneur muda berbasis digital di Indonesia.
Unduhan
Referensi
Br Hardi, R., & Arifin, A. Z. (2023). Pengaruh information dan communication technology adoption serta digital transformation terhadap asset growth UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 537. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i3.23866
Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138. https://doi.org/10.14710/jmr.v10i1.29677
Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422
Wicaksono, S. R. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL - SUDUT PANDANG ANALISIS SWOT. In Zenodo (CERN European Organization for Nuclear Research). European Organization for Nuclear Research. https://doi.org/10.5281/zenodo.7703463
Yudantri, A. S., Widodo, A., Rubyanti, N., & Silvianita, A. (2025). The Effect of Customer Experience and Brand Image on Customer Loyalty with Mediation of Customer Satisfaction in the Culinary Industry. Formosa Journal of Applied Sciences, 4(1), 103. https://doi.org/10.55927/fjas.v4i1.12914
Yunianto, E., & Taryadi, T. (2022). Implementasi Fuzzy Decision Making Untuk Pemilihan Marketplace. Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(1), 100. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3253 odić, D., Milivojević, Z. N., & Maluckov, Č. A. (2014). Script Characterization in the Old Slavic Documents. Dalam A. Elmoataz, O. Lezoray, F. Nouboud, & D. Mammass (Penyunt.), International Conference on Image and Signal Processing (hal. 230-238). Cherbourg, France: Springer, Cham. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-319-07998-1_26
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elia Setiana, Budiman, Nur Alamsyah, Atanasius Angga S.W. Manurip

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Reni Nursyanti, Elia Setiana, Marwondo, Venia Restreva Danestiara, Graha Prakarsa, Muhammad Ikhsan Nur, Yesaya Teofilus Hendrawan, Optimasi Penggunaan Teknologi Dan Akses Digital Untuk Pendidikan Lanjutan Pada Kober Nurul Ikhlas , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)