Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Kue Emak Johati Di Desa Sukajaya Kalianda

Penulis

  • Khaidarmansyah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Meliyanti Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Nizar Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.130

Kata Kunci:

Digital Marketing, UMKM, Media Sosial, Marketplace, Pemasaran Digital

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian, tetapi masih menghadapi tantangan dalam pemasaran, terutama dalam pemanfaatan digital marketing. UMKM Kue Emak Johati di Desa Sukajaya, Kalianda, masih mengandalkan pemasaran konvensional, sehingga jangkauan pasar terbatas. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital marketing bagi UMKM agar dapat memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan penjualan.Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelatihan diberikan dalam bentuk pemanfaatan media sosial (Instagram, Facebook, TikTok), optimalisasi marketplace (Shopee, Tokopedia), serta strategi branding dan copywriting. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan digital UMKM, yang tercermin dari peningkatan jumlah pengikut media sosial sebesar 60%, peningkatan interaksi dengan pelanggan, serta peningkatan jumlah pesanan sebesar 40% setelah penerapan strategi digital marketing.Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu pengelolaan dan kurangnya pemahaman mendalam tentang analisis data pemasaran, program ini berhasil meningkatkan daya saing UMKM. Rekomendasi untuk keberlanjutan program meliputi pengelolaan media sosial secara konsisten, pelatihan lanjutan, serta pemanfaatan iklan berbayar. Dengan penerapan digital marketing yang berkelanjutan, UMKM Kue Emak Johati diharapkan dapat berkembang dan beradaptasi dalam era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, N. F. (2021, Agustus 05). Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis, Mudah dan Rapih. Diakses pada Februari 20, 2022, dari merdeka.com: https://www.merdeka.com/jabar/cara-membuat-daftar-pustaka-otomatis-mudah-dan-rapih-kln.html

Tobari. (2021, Oktober 29). Posyandu Berperan Penting Dalam Pencegahan Stunting. Diakses pada Februari 14, 2022, dari InfoPublik: https://infopublik.id/kategori/nusantara/576585/posyandu-berperan-penting-dalam-pencegahan-stunting

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, No. 3(1): 39–59.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.

Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.

Jaya, I., & Nisar, N. (2023). INOVASI PEMASARAN UMKM TAHU DI DESA KALIREJO LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN E–COMMERCE. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5943-5948.

Khaidarmansyah, K., & Firdayanti, A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 128-133.

Khaidarmansyah, K., Nisar, N., Wasilah, W., & Halimah, H. (2023). Peningkatan Kualitas Usaha Di Desa Cilimus Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Melalui Online Single Submission (Oss). J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 69-76.

Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

N. Yuwita, Sri Astutik, Siti Badriyatul, And Sri Rahayu, “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Kelurahan Lemahbang Kecamatan Sukorejo,” Khidmatuna J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 2, No. 1, Pp. 41–48, 2021, Doi: 10.51339/Khidmatuna.V2i1.322.

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjatauntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, No. 4(7): 131–151.

Y. F. Dan M. P. Tri Nur Fadilah, “Sosialisasi Pembuatan Nib Kepada Pelaku Umkm Di Dusun Kalangan, Candisari, Secang,” Vol. 1, No. 2, Pp. 175–182, 2021.

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). PEMANFAATAN PISANG SEBAGAI OLAHAN DONAT DI PEKON KARTA KECAMATAN KOTA AGUNG TIMUR KABUPATEN TANGGAMUS. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 32-36).

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir Terhadap Efisiensi Keuangan Pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Diterbitkan

2025-05-16

Cara Mengutip

Khaidarmansyah, Meliyanti, & Nizar. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Kue Emak Johati Di Desa Sukajaya Kalianda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 28–36. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.130