Pemanfaatan Platform E-Commerce dan Pendampingan Proses Pembuatan P-IRT Di Kelurahan Mulyojati

Authors

  • Khaidarmansyah institut informatika dan bisnis darmajaya
  • Firmansyah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.111

Keywords:

e-commerce, umkm, p-irt

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Mulyojati dalam memanfaatkan platform e-commerce serta mendampingi proses pembuatan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Pemanfaatan e-commerce menjadi solusi strategis untuk memperluas jangkauan pasar bagi usaha rumahan, sementara sertifikasi P-IRT diperlukan untuk memastikan legalitas dan standar keamanan pangan produk yang dipasarkan. Kegiatan ini melibatkan pelatihan intensif mengenai penggunaan platform e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, dan media sosial sebagai sarana penjualan. Selain itu, pendampingan dalam pembuatan sertifikat P-IRT mencakup pengisian dokumen administrasi, uji produk, hingga pemenuhan standar kebersihan dan keamanan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan digital pelaku usaha, dengan sekitar 80% peserta berhasil membuat akun di platform e-commerce dan memulai aktivitas penjualan online. Selain itu, 10 pelaku usaha di bidang pangan berhasil mengajukan permohonan sertifikat P-IRT. Program ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM setempat, memperluas akses pasar, dan memperkuat legalitas usaha mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, No. 3(1): 39–59.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung, Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.

Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.

Jaya, I., & Nisar, N. (2023). Inovasi Pemasaran Umkm Tahu Di Desa Kalirejo Lampung Tengah Menggunakan E–Commerce. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5943-5948.

Khaidarmansyah, K., & Firdayanti, A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 128-133.

Khaidarmansyah, K., Nisar, N., Wasilah, W., & Halimah, H. (2023). Peningkatan Kualitas Usaha Di Desa Cilimus Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Melalui Online Single Submission (Oss). J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 69-76.

Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjatauntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, No. 4(7): 131–151.

Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pengaruh Aplikasi Stroberi Kasir Terhadap Efisiensi Keuangan Pada Umkm Kripik Pisang Lumer Chio Snack Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 122-127.

Downloads

Published

24.10.2024

How to Cite

Khaidarmansyah, & Firmansyah. (2024). Pemanfaatan Platform E-Commerce dan Pendampingan Proses Pembuatan P-IRT Di Kelurahan Mulyojati. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 118–124. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.111