Pemanfaatan Google Maps Untuk Optimalisasi Pemetaan Lokasi Usaha Warga Dalam Meningkatkan Akses Dan Promosi
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.162Kata Kunci:
Digitalisasi, UMKM, Google Maps, Promosi Usaha, AksesibilitasAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi nasional, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan lapangan kerja baru.
Keberadaan UMKM juga berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah, khususnya di wilayah
pedesaan. Namun, dalam praktiknya banyak pelaku UMKM masih menghadapi berbagai kendala,
terutama dalam hal pemanfaatan teknologi dan proses digitalisasi, yang berdampak pada keterbatasan
akses pasar dan promosi produk. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu proses
digitalisasi UMKM Snack dan Cemilan Nda Gemoy yang berlokasi di Desa Rawi, Kecamatan Penengahan,
Kabupaten Lampung Selatan, melalui pemanfaatan Google Maps sebagai sarana pemetaan, promosi, dan
peningkatan aksesibilitas usaha. Metode pelaksanaan meliputi observasi lapangan untuk mengidentifikasi
permasalahan, pendampingan teknis dalam pembuatan dan verifikasi titik lokasi usaha di Google Maps,
serta pelatihan pengelolaan informasi digital seperti pembaruan jam operasional, kontak, dan dokumentasi
produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa UMKM telah memiliki titik lokasi resmi di Google Maps
yang dapat diakses publik, sehingga konsumen lebih mudah menemukan alamat usaha dan mengenal
produk yang ditawarkan. Selain meningkatkan visibilitas usaha di ranah digital, kegiatan ini juga berdampak
positif terhadap peningkatan kepercayaan konsumen, perluasan jangkauan pemasaran, serta penguatan
citra profesional dan legalitas usaha. Dengan demikian, penerapan Google Maps terbukti menjadi langkah
efektif dan berkelanjutan dalam mendukung transformasi digital UMKM menuju kemandirian dan daya
saing yang lebih baik di era digital.
Unduhan
Referensi
Fadilla, D. O., Kurniawan, R. A., Hariwicaksana, I. B. A., Rashida, F. A., Nurrul, P. H. M., Maulana, M.
H. A., & Billah, M. T. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Google Maps Sebagai Upaya Branding Umkm Di Desa Kebondalem Oleh Mahasiswa Kkn-T Upn “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 130-135.
Putri, R. A., Madina, F. N., Al Arifi, M. B., Dhiasyauqi, R., & Widowati, K. (2024). Pendaftaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Google Maps: Studi Pengabdian di Jongor 1 Desa Sarimahi. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 5(4), 1-12.
Ramadhan, M. I., & Nasihin, I. (2025). Strategi Peningkatan Aksesibilitas dan Visibilitas UMKM di Desa Cileunca Melalui Pendampingan Pembuatan Titik Koordinat Google Maps. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 4(1), 3993-4001.
Sari, F. P. D., Amirta, D. A., & Susanto, D. M. P. (2025, August). Peningkatan Visibilitas UMKM Bengkel HGS 53 Garage Melalui Pemetaan Titik Lokasi Dan Media Informasi Fisik Di Lingkungan Kelurahan Pulorejo. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (Vol. 4, No. 1, pp. 33-42).
Tampubolon, M. V. R., Ramadhan, M. F., Rizky, Y. P., Putri, N. A., & Adzka, N. A. (2024). Upaya transformasi digital UMKM Desa Kalipecabean dengan optimalisasi QRIS, Google Maps, dan e- commerce. Upaya Transformasi Digital UMKM Desa Kalipecabean dengan Optimalisasi QRIS, Google Maps, dan E-Commerce, 3(3), 91-97.
Swissia, P., H, H., & Marshella, O. (2025). Peningkatan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan untuk UMKM di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 85–91. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.132
Narus, C. R., Wea, A. D., Rouk, M. Y., Kolo, A. Q., Tahu, A. M., Tuan, I. A. A., & Leki, S. (2024).
Pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Besmarak, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Journal of Community Service (JCOS), 2(2), 34–39
Bachri, B., & Meliyanti. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Event Produk sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Jamu Imopuro di Metro Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 104–110. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.112
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ayu Firdayanti, Zuriana z, Linda Septarina

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Khaidarmansyah K, Ayu Firdayanti, Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer di Desa Trimulyo , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Andi Desfiandi, Zuriana z, Penerapan Digitalisasi Pada Umkm Chio Snack menggunakan Platform Simonik untuk memperluas Pemasaran Produk , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Ayu Firdayanti, Nursiyanto, Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Integrasi Desain Kemasan, Google Bisnis dan Event Produk Pada UMKM Sentra Jamu Tradisional Imopuro , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
