Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Integrasi Desain Kemasan, Google Bisnis dan Event Produk Pada UMKM Sentra Jamu Tradisional Imopuro
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.106Keywords:
Sentra Jamu, UMKM, EDUKASIAbstract
Sentra Jamu Tradisional Imopuro memiliki potensi besar namun menghadapi tantangan dalam pemasaran produk, Permasalahan yang dihadapi UMKM Sentra Jamu Imopuro ini yaitu mengenai Desain Kemasan dan Google bisnis yang masih belum di terapkan secara intens dalam usahanya, terutama jika ditinjau dari aspek pemasaran. Pengabdian ini berupaya mengoptimalkan pemasaran produk UMKM di sentra tersebut melalui pendekatan terpadu. Desain kemasan yang menarik, pendaftaran di Google Bisnis untuk meningkatkan visibilitas online, serta penyelenggaraan event produk secara berkala menjadi fokus utama. Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan UMKM Sentra Jamu Tradisional Imopuro terutama dalam hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran dari produk. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dapat menargetkan beberapa pembenahan dalam penanganan masalah pemasaran produk, yang diantaranya menyangkut proses edukasi dan pendampingan dalam perluasan pemasaran yang dapat mempermudah UMKM dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
Downloads
References
Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung, Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.
Firdhayanti, A. (2024). Analisis Program Cek Kesehatan Dan Distribusi Bibit Tanaman Untuk Meningkatkan Penghijauan Desa Tanjung Kerta Way Khilau, Pesawaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 29-34.
Khaidarmansyah, K., & Firdayanti, A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer Di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 128-133.
Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjatauntuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, No. 4(7): 131–151.
Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital Brandingkeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, No. 4(1): 49–
Https://Doi.Org/10.30587/Jre.V4i1.2217
Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.
Putra, D., Swissia, P., Irawati, A., & Pulungan, M. S. (2023, August). Pemanfaatan Pisang Sebagai Olahan Donat Di Pekon Karta Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 32-36).
Wulansari, O. D. E., Wiryawan, D., Nursiyanto, N., & Zaini, T. M. (2023). Pelatihan Dan Pembuatan E-Commerce Pada Umkm Pengrajin Bambu Untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah Kecamatan Gunung Alip Tanggamus. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 99-104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Firdayanti, Nursiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Khaidarmansyah K, Ayu Firdayanti, Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Penjualan Umkm Chio Snack Keripik Lumer di Desa Trimulyo , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)