Sosialisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada SMK Pusat Keunggulan Di SMK Negeri 8 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i1.37Keywords:
Kurikulum, Belajar, teknologi, persepsiAbstract
Dalam proses pembelajaran, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek ini bertujuan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu yang akan disesuaikan dengan pengembangan kurikulum, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Dalam hal ini, akan dikakukan persepsi dan penyelarasan kurikulum serta penyampaian bahan ajar yang akan digunakan saat pembelajaran. Beserta edukasi pengembangan teknologi, sehingga dapat diterapkan pada siswa di SMK N 8 Bandar Lampung. SMK Pusat Keunggulan ini mempunyai tujuan utama yaitu pengaplikasian profil pelajar pancasila dalam tiap-tiap unsur pembelajaran. Jadi setiap pembalajaran di mata pelajaran apapun bisa mengaplikasikan profil pelajar pancasila yaitu mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, berkebinekaan global, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak mulia. Beberapa langkah yang akan dilakukan pada program SMK PK, yakni akselerasi pelatihan upskilling & reskilling guru berbasis DUDI guna memastikan kompetensi guru kejuruan ditingkatkan sesuai standar DUDI serta berlatih kurikulum yang menekankan pada soft skills termasuk mengembangkan mapel bersama dengan DUDI.
Downloads
References
smk pusat keunggulan - terapkan kurikulum berstandar internasional, cetak lulusan berkompeten dan diterima di perusahaan asing (ditpsmk.net)
Putra, 2021 (https://duniapendidikan.putrautama.id/smk-pk-smk-pusat-keunggulan/)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tia Tanjung, ST., M.Kom, Fenty Ariani, Ari Kurniawan Saputra, Erlangga E, Robby Yuli Endra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Ari Kurniawan, Robby Yuli Endra, Erlangga Erlangga, Yuthsi Aprilinda, Fenty Ariani, Pelatihan Bridging Data Untuk Meningkatkan Penguasaan Teknik Interopabilitas Pegawai IT di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Ari Kurniawan Saputra, Riza Muhida, Yuthsi Aprilinda, Fenty Ariani, Robby Yuli Endra, Erlangga E, Focus Group Discussion Pemetaan dan Klasifikasi Jenis Bantuan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Robby Yuli Endra, Yuthsi Aprilinda, Ahmad Cucus, Fenty Ariani, Pelatihan Pengelolaan Website Open Journal System (OJS) untuk Pengelolan jurnal secara digital di ATS-Sorowako Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Tia Tanjung, Fenty Ariani, Lyse Nuriska, Pelaksanaan Monitoring Informasi Berbasis Mobile Service Pada Pekerja Migran Indonesia Di Balai Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)