Pelaksanaan Monitoring Informasi Berbasis Mobile Service Pada Pekerja Migran Indonesia Di Balai Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur

Authors

  • Tia Tanjung Universitas Bandar Lampung
  • Fenty Ariani Uiversitas Bandar Lampung
  • Lyse Nuriska Uiversitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.15

Keywords:

Mobile service, Luar Negeri, Migran

Abstract

Mobile Service merupakan satu sistem pendampingan dengan sistem jemput bola menuju langsung ke lokasi yang akan dikunjungi. Dengan tujuan menyampaikan informasi perihal istilah Pekerja Migran Indonesia. Dalam era yang semakin berkembang saat ini, masih banyak kekurangan dalam hal memberikan sosialisasi dan informasi. Sehingga masyarakat menjadi minim pengetahuan dan wawasan dengan era yang terus melaju pesat. Salah satu lokasi yang memiliki rata-rata jumlah pekerja migran Indonesia terbanyak adalah di Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur merupakan Desa yang sangat strategis dan memiliki Balai Desa yang cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan Desa. Salah satunya dengan memantau keberadaan masyarakatnya yang bekerja di Luar Negeri. Memastikan bahwa keluarganya juga dalam keadaan yang baik dan aman. Dengan adanya mobile service ini, maka akan lebih mempermudah untuk menjangkau jaringan setiap masyarakatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, R.E. and Srinivasan, S.S, 2003. E‐satisfaction and e‐loyalty: a contingency Framework. Psychology & Marketing, Vol. 20, No. 2, pp. 123- 138

Al-Jabri, I. M., & Sohail, M. S, 2012. Mobile Banking Adoption: Application Of Diffusion Of Innovation Theory. Journal of Electronic Commerce Research, Vol.13, No.4.

Corritore, C. L., Kracher, B., & Wiedenbeck, S. 2003. On-line trust: Concepts, evolving themes, a model. International Journal of Human Computer Studies, 58(6), 737–758.

Ayu Mas Suariedewi, N. W., I Gusti Agung, 2020. Effect of Mobile Service Quality to ETrust to Develop E-Satisfaction and E-Loyalty Mobile Banking Services. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7 No.1 January 2020, 185-196.

Nawangsari, Sri dan Nadea Dwirahma Putri. 2020. Pengaruh E-Service Quality dan ETrust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking di Kota Depok), Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

30.05.2022

How to Cite

Tia Tanjung, Ariani, F. ., & Nuriska, L. . (2022). Pelaksanaan Monitoring Informasi Berbasis Mobile Service Pada Pekerja Migran Indonesia Di Balai Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 1(1), 30–36. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.15