Pelaksanaan Monitoring Informasi Berbasis Mobile Service Pada Pekerja Migran Indonesia Di Balai Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.15Keywords:
Mobile service, Luar Negeri, MigranAbstract
Mobile Service merupakan satu sistem pendampingan dengan sistem jemput bola menuju langsung ke lokasi yang akan dikunjungi. Dengan tujuan menyampaikan informasi perihal istilah Pekerja Migran Indonesia. Dalam era yang semakin berkembang saat ini, masih banyak kekurangan dalam hal memberikan sosialisasi dan informasi. Sehingga masyarakat menjadi minim pengetahuan dan wawasan dengan era yang terus melaju pesat. Salah satu lokasi yang memiliki rata-rata jumlah pekerja migran Indonesia terbanyak adalah di Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Lampung Timur merupakan Desa yang sangat strategis dan memiliki Balai Desa yang cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan Desa. Salah satunya dengan memantau keberadaan masyarakatnya yang bekerja di Luar Negeri. Memastikan bahwa keluarganya juga dalam keadaan yang baik dan aman. Dengan adanya mobile service ini, maka akan lebih mempermudah untuk menjangkau jaringan setiap masyarakatnya.
Downloads
References
Anderson, R.E. and Srinivasan, S.S, 2003. E‐satisfaction and e‐loyalty: a contingency Framework. Psychology & Marketing, Vol. 20, No. 2, pp. 123- 138
Al-Jabri, I. M., & Sohail, M. S, 2012. Mobile Banking Adoption: Application Of Diffusion Of Innovation Theory. Journal of Electronic Commerce Research, Vol.13, No.4.
Corritore, C. L., Kracher, B., & Wiedenbeck, S. 2003. On-line trust: Concepts, evolving themes, a model. International Journal of Human Computer Studies, 58(6), 737–758.
Ayu Mas Suariedewi, N. W., I Gusti Agung, 2020. Effect of Mobile Service Quality to ETrust to Develop E-Satisfaction and E-Loyalty Mobile Banking Services. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7 No.1 January 2020, 185-196.
Nawangsari, Sri dan Nadea Dwirahma Putri. 2020. Pengaruh E-Service Quality dan ETrust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking di Kota Depok), Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tia Tanjung, ST., M.Kom, Fenty Ariani, Lyse Nuriska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Ari Kurniawan, Robby Yuli Endra, Erlangga Erlangga, Yuthsi Aprilinda, Fenty Ariani, Pelatihan Bridging Data Untuk Meningkatkan Penguasaan Teknik Interopabilitas Pegawai IT di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Ari Kurniawan Saputra, Riza Muhida, Yuthsi Aprilinda, Fenty Ariani, Robby Yuli Endra, Erlangga E, Focus Group Discussion Pemetaan dan Klasifikasi Jenis Bantuan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Robby Yuli Endra, Yuthsi Aprilinda, Ahmad Cucus, Fenty Ariani, Pelatihan Pengelolaan Website Open Journal System (OJS) untuk Pengelolan jurnal secara digital di ATS-Sorowako Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Tia Tanjung, ST., M.Kom, Fenty Ariani, Ari Kurniawan Saputra, Erlangga E, Robby Yuli Endra, Sosialisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada SMK Pusat Keunggulan Di SMK Negeri 8 Bandar Lampung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)