Implementation of E-Commerce and Content in the Kopi Pilah MSME in Pematang Village
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.163Kata Kunci:
Digitalisasi UMKM, E-Commerce, Pemasaran DigitalAbstrak
Desa Pematang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi ekonomi lokal yang cukup besar, terutama pada sektor pertanian dan perkebunan. Salah satu potensi unggulannya adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kopi yang dikelola masyarakat setempat. UMKM Kopi Pilah Green Bean, milik Bapak Rido, merupakan salah satu pelaku usaha yang berfokus pada pengolahan biji kopi hijau hasil panen lokal. Meskipun memiliki kualitas produk yang baik, pelaku UMKM menghadapi kendala dalam hal pemasaran digital, pembuatan konten promosi, serta pemanfaatan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendekatan pendampingan dan implementasi strategi digitalisasi usaha, meliputi pembuatan konten promosi yang menarik, optimalisasi media sosial, serta integrasi produk ke platform e-commerce. Selain itu, dilakukan pula pelatihan penggunaan aplikasi desain dan pengelolaan kata, serta pendampingan pembuatan profil bisnis digital yang terhubung dengan Google Maps dan marketplace. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan interaksi dengan konsumen, perluasan jangkauan pemasaran, serta peningkatan penjualan produk. UMKM juga mulai memahami dasar penggunaan media digital dan sistem transaksi non-tunai berbasis QRIS. Dampak positif lainnya terlihat pada peningkatan literasi digital masyarakat dan penguatan citra Desa Pematang sebagai desa mandiri dan inovatif. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat daya saing UMKM melalui transformasi digital yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS, 16, 33.
Khaidarmansyah, K., & Halimah, H. (2022). Edukasi Penerapan Digital Branding Untuk Peningkatan Ekonomi Umkm Makaroni Di Tanjung Senang, Bandar Lampung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2859–2866. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1651
Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Saputra, M., Pratisti, C., Badri, R. E., Fadila, K., & Triloka, J. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Platform Social Media Menuju Umkm Digital. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1853–1861. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1089
BKKBN Desa Pematang. (2025). Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Kampung KB. https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/80332/pematang
Sasmito, Y. W. D., & Prestianto, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Penerapan E-Commerce Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang Digital Literation Level Analysis and E-Commerce Application in Small and Medium Micro Enterprises in the City of Semarang. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 4(1), 145–162.
Sisfor, R. S. (2019). Perancangan dan Implementasi Sistem E-Commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2061
Studi, J., & Politik, I. (2023). 1 , 2 1,2. 2(1), 31–43.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Besti Lilyana, Mashuril Anwar, Besti Lilyana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Besti Lilyana, Mashuril Anwar, Dewi Noviyanti, Analisis Resiko Dan Laporan Keuangan Serta Penanganannya Pada UMKM Tapis Kilu Andan Di Desa Baturaja Kecamatan Way Lima , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
