Pemanfaatan Google Business Profile Untuk Meningkatkan Akses UMKM Snack Dan Cemilan Nda Gemoy

Penulis

  • Firmansyah F Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Meliyanti institut informatika dan bisnis darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.161

Kata Kunci:

Google Business Profile, UMKM, Digitalisasi

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan vital dalam memperkuat perekonomian nasional melalui kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan penyediaan lapangan kerja. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi kendala dalam hal pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital, sehingga produk yang dihasilkan belum dikenal luas. Snack dan Cemilan Nda Gemoy merupakan salah satu UMKM kuliner lokal yang berfokus pada produksi berbagai jenis makanan ringan berbasis bahan lokal dengan cita rasa khas dan kualitas bersaing. Meskipun memiliki potensi pasar yang menjanjikan, promosi usaha ini sebelumnya masih dilakukan secara konvensional, seperti penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut, sehingga jangkauan konsumen terbatas. Melalui penerapan Google Business Profile (GBP), dilakukan upaya digitalisasi usaha dengan membuat profil bisnis resmi di Google Search dan Google Maps. Proses ini mencakup pengisian data identitas usaha, unggahan foto produk, serta pelatihan pengelolaan akun secara mandiri agar pemilik dapat memperbarui informasi secara berkelanjutan. Hasil penerapan menunjukkan peningkatan visibilitas usaha di dunia digital, kemudahan konsumen dalam menemukan lokasi dan produk, serta meningkatnya kepercayaan publik melalui fitur ulasan pelanggan. Pemanfaatan Google Business Profile terbukti mampu membantu Snack dan Cemilan Nda Gemoy memperluas akses pasar, memperkuat citra profesional, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital yang semakin kompetitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pratama, A. B., & Hidayat, T. (2023). Transformasi digital UMKM dalam menghadapi era ekonomi

berbasis teknologi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 45–56.

Narus, C. R., Wea, A. D., Rouk, M. Y., Kolo, A. Q., Tahu, A. M., Tuan, I. A. A., & Leki, S. (2024).

Pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa

Besmarak, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Journal of Community Service (JCOS), 2(2), 34–39.

Ridho, W. (2025). Strategi mahasiswa KKN dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal Desa Sesela Gunungsari. Journal of Community Development and Empowerment, 1(1), 21–25.

Sahara, M. A., Kurnia, S., Zulaika, N., Pardede, R. M., Febrianta, R., Dewi, A. K. P., & Elvina, E. (2024).

Pendampingan pembukuan berbasis digital dengan menggunakan aplikasi Akuntansiku pada

UMKM Cemilan Berkah di Desa Toapaya Selatan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,

(2), 241–254.

Wijaya, R. S., Sartika, D., & Nini, N. (2021). Sosialisasi aplikasi BukuKas: Solusi pembukuan keuangan digital bagi UMKM Lubuk Minturun. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) (Vol. 4, hlm. 1165–1171).

Google. (2023). Get your business on Google Search and Maps with Google Business Profile. Google

Support. https://support.google.com/business

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan tahunan UMKM dan digitalisasi usaha. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Tambunan, T. (2020). UMKM di Indonesia: Masalah, kebijakan, dan strategi pemberdayaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 145–160.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Purwati, N., Halimah, H., & Rahardi, A. (2018). Perancangan Website Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. SIMADA (Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data), 1(1), 71. https://doi.org/10.30873/simada.v1i1.1116

Swissia, P., H, H., & Marshella, O. (2025). Peningkatan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan untuk UMKM di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 85–91.

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.132

Bachri, B., & Meliyanti. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Event Produk sebagai Upaya

Meningkatkan Penjualan Jamu Imopuro di Metro Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri

(JPMTB), 3(2), 104–110. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.112

M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, S. dan D. E. J., & 1, 2, 3, 4Universitas Sultan Ageung

Diterbitkan

2025-11-20

Cara Mengutip

F, F., & Meliyanti. (2025). Pemanfaatan Google Business Profile Untuk Meningkatkan Akses UMKM Snack Dan Cemilan Nda Gemoy. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(2), 188–195. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.161