Pemanfaatan Google Business Profile Untuk Meningkatkan Akses UMKM Snack Dan Cemilan Nda Gemoy
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i2.161Kata Kunci:
Google Business Profile, UMKM, DigitalisasiAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan vital dalam memperkuat perekonomian nasional melalui kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan penyediaan lapangan kerja. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi kendala dalam hal pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital, sehingga produk yang dihasilkan belum dikenal luas. Snack dan Cemilan Nda Gemoy merupakan salah satu UMKM kuliner lokal yang berfokus pada produksi berbagai jenis makanan ringan berbasis bahan lokal dengan cita rasa khas dan kualitas bersaing. Meskipun memiliki potensi pasar yang menjanjikan, promosi usaha ini sebelumnya masih dilakukan secara konvensional, seperti penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut, sehingga jangkauan konsumen terbatas. Melalui penerapan Google Business Profile (GBP), dilakukan upaya digitalisasi usaha dengan membuat profil bisnis resmi di Google Search dan Google Maps. Proses ini mencakup pengisian data identitas usaha, unggahan foto produk, serta pelatihan pengelolaan akun secara mandiri agar pemilik dapat memperbarui informasi secara berkelanjutan. Hasil penerapan menunjukkan peningkatan visibilitas usaha di dunia digital, kemudahan konsumen dalam menemukan lokasi dan produk, serta meningkatnya kepercayaan publik melalui fitur ulasan pelanggan. Pemanfaatan Google Business Profile terbukti mampu membantu Snack dan Cemilan Nda Gemoy memperluas akses pasar, memperkuat citra profesional, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital yang semakin kompetitif.
Unduhan
Referensi
Pratama, A. B., & Hidayat, T. (2023). Transformasi digital UMKM dalam menghadapi era ekonomi
berbasis teknologi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 45–56.
Narus, C. R., Wea, A. D., Rouk, M. Y., Kolo, A. Q., Tahu, A. M., Tuan, I. A. A., & Leki, S. (2024).
Pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa
Besmarak, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Journal of Community Service (JCOS), 2(2), 34–39.
Ridho, W. (2025). Strategi mahasiswa KKN dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal Desa Sesela Gunungsari. Journal of Community Development and Empowerment, 1(1), 21–25.
Sahara, M. A., Kurnia, S., Zulaika, N., Pardede, R. M., Febrianta, R., Dewi, A. K. P., & Elvina, E. (2024).
Pendampingan pembukuan berbasis digital dengan menggunakan aplikasi Akuntansiku pada
UMKM Cemilan Berkah di Desa Toapaya Selatan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
(2), 241–254.
Wijaya, R. S., Sartika, D., & Nini, N. (2021). Sosialisasi aplikasi BukuKas: Solusi pembukuan keuangan digital bagi UMKM Lubuk Minturun. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) (Vol. 4, hlm. 1165–1171).
Google. (2023). Get your business on Google Search and Maps with Google Business Profile. Google
Support. https://support.google.com/business
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan tahunan UMKM dan digitalisasi usaha. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
Tambunan, T. (2020). UMKM di Indonesia: Masalah, kebijakan, dan strategi pemberdayaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 145–160.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Purwati, N., Halimah, H., & Rahardi, A. (2018). Perancangan Website Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. SIMADA (Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data), 1(1), 71. https://doi.org/10.30873/simada.v1i1.1116
Swissia, P., H, H., & Marshella, O. (2025). Peningkatan Literasi Digital dan Manajemen Keuangan untuk UMKM di Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 85–91.
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.132
Bachri, B., & Meliyanti. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Event Produk sebagai Upaya
Meningkatkan Penjualan Jamu Imopuro di Metro Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri
(JPMTB), 3(2), 104–110. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.112
M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, S. dan D. E. J., & 1, 2, 3, 4Universitas Sultan Ageung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Firmansyah F, Meliyanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Artikel Serupa
- Besti Lilyana, Mashuril Anwar, Besti Lilyana, Implementation of E-Commerce and Content in the Kopi Pilah MSME in Pematang Village , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Bobby Bachri, Meliyanti, Strategi Pemasaran Digital dan Event Produk sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Jamu Imopuro di Metro Pusat , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)
- Khaidarmansyah, Meliyanti, Nizar, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Kue Emak Johati Di Desa Sukajaya Kalianda , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
