Workshop Sketsa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bandarlampung

Authors

  • M. Ilyas Kurniawan Universitas Bandar Lampung
  • M. Fathur Rizky Universitas Bandar Lampung
  • Isti Mutmainah Universitas Bandar Lampung
  • Rizky Khalid Universitas Bandar Lampung
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Bandar Lampung
  • Kustiani Kustiani Universitas Bandar Lampung
  • Haris Murwadi Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.85

Keywords:

Workshop, sketsa, siswa, sekolah menengah atas, Bandarlampung

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam serta melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan dasar sketsa, teknik dasar, proporsi, perspektif, dan finishing yang diperlukan serta untuk mendorong siswa untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan mengembangkan ekspresi pribadi melalui sketsa. Metode pelaksanaan berupa workshop yang berisi penyampaian materi, pengelompokkan, praktik, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa siswa telah mampu membuat objek sederhana dengan baik sedangkan dalam penyelesaian sudah termasuk dalam katergori cukup. Pelaksanaan workshop secara bertahap serta modul terstruktur dibutuhkan untuk capaian hasil yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristiningtyas, W. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotorik dalam membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi melalui metode survei lapangan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).

Murray, P., & Murray, L. (1998). The Oxford companion to Christian art and architecture. Oxford University Press.

Widyokusumo, L. (2013). Fungsi Garis pada Desain dan Sketsa. Humaniora, 4(1), 339-347.

Widiyastuti, H. (2023). Peningkatan Aktivitas Hasil Siswa Kelas VII A MTS Negeri 2 Jember Belajar Membuat Sketsa Dan Peta Wilayah Objek Geografis Melalui Metode Kooperatif Tipe Peer Tutoring Tahun Pelajaran 2022/2023. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 1(2), 228-258.

Downloads

Published

13.05.2024

How to Cite

Kurniawan, M. I. ., Rizky, M. F. ., Mutmainah, I. ., Khalid, R. ., Jamaludin, J., Kustiani, K., & Murwadi, H. (2024). Workshop Sketsa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bandarlampung . Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 50–55. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.85