Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Macrame Sebagai Desain Interior Di Desa Karanganyar Dan Pemasaran Menggunakan E-Commerce dan Landing Page

Authors

  • Amnah institut informatika dan bisnis darmajaya
  • Meiliza Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Cika Puvita Salma Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Reva Selfiyana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Siti Khodijah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.113

Keywords:

Produktif, Pelatihan, Hiasan

Abstract

Desa karanganyar merupakan salah satu desa yang wilayahnya tidak jauh dari Bandar lampung dan memiliki penduduk yang padat, kepadatan penduduk disebabkan karena daerah tersebut masih memiliki udara yang sejuk dan aktifitas yang beragam, di desa karanganyar banyak ibu-ibu yang usia produktif dan memiliki kemampuan untuk menyerap ilmu pengetahuan baru. Ibu-ibu memiliki waktu luang setiap hari, setelah sholat ashar hingga menjelang magrib. Mereka berkumpul sekedar berbincang tentang keluarga atau hal lain yang kurang bermanfaat, terkadang pembicaraan yang tidak memiliki kebaikan bagi mereka sendiri. Waktu yang yang ada tidak di manfaatkan dengan baik, ini merupakan masalah, waktu yang ada dengan usia mereka yang terbilang masih muda. Sedangkan pada sisi lain kondisi ekonomi mereka tidak begitu baik. Hal ini membuat TIM pengabdi ambil sebagai peluang untuk memberikan ibu-ibu dikarang anyar ini pelatihan, pendampingan dan implementasi, yang dapat membantu ekonomi mereka. Pelatihan peningkatan keterampilan dalam membuat Hiasan Dinding adalah sesuatu yang baru bagi ibu-ibu yang ada di desa karanganyar, dan ini tentunya dapat memberikan solusi yang menarik dalam membantu perekonomian mereka. Pelatihan akan diberikan kepada ibu-ibu didesa karanganyar dan TIM, selain itu dalam pengabdian ini juga akan memberikan pelatihan menjual produk secara online. Dengan demikian mereka tidak merasa bingung pada saat telah berhasil membuat berbagai macam hiasan dinding yang menarik dengan berbagai ukuran dengan corak yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amnah, A., Nursiyanto, N., & Wasilah, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Gantungan Pot Bunga Bagi Kelopok Ibu-Ibu Rumah Tangga

Didesa Karanganyar Lampung Selatan. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1).

Amnah, A., & Meizary, A. (2023). Pengembangan Website Desa dalam Peningkatan Informasi dan Data Penduduk Di Era Digital Desa Trimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 91-96.

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski Sintasari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved Fromhttp://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Pangabdhi.

Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.

H. Nahry Yarza and A. Pambudi Dharma, “Inovasi Life Skill Pembuatan Kerajinan Macrame dari Daur Ulang Sampah Pakaian Bekas,” J. Komunitas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 16–19, 2021, doi: 10.31334/jks.v4i1.1627.

L. Tarifu et al., “Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Benang Macrame Yang Bernilai Ekonomis Pada Siswa Sdit Insantama Kendari,” J. Pengabdi. Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 11–19, 2023, doi: 10.33772/jpnus.v3i1.29578.

Downloads

Published

24.10.2024

How to Cite

Amnah, Meiliza, Puvita Salma, C., Selfiyana, R., & Khodijah, S. (2024). Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Macrame Sebagai Desain Interior Di Desa Karanganyar Dan Pemasaran Menggunakan E-Commerce dan Landing Page. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 99–103. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i2.113