Pengembangan Website Desa dalam Peningkatan Informasi dan Data Penduduk Di Era Digital Desa Trimulyo
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.66Keywords:
Website, Era Digital, PengembanganAbstract
Pengembangan website desa adalah cara penting untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan akses informasi dan data penduduk. Desa Trimulyo, seperti banyak desa lainnya, belum sepenuhnya menggunakan potensi teknologi ini. Keterbatasan akses informasi dan data penduduk, seperti profil demografis dan program desa, menjadi hambatan dalam perencanaan dan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, pembuatan website desa yang andal, terjangkau, dan mudah diakses adalah solusi yang relevan. Melalui kegiatan ini, kami berhasil membuat website desa yang responsif dan informatif, memberikan akses mudah ke informasi penting, data penduduk terkini, dan meningkatkan interaksi antara pemerintah desa dan warganya. Ini menghasilkan peningkatan partisipasi masyarakat, transparansi administrasi desa, dan penggunaan data penduduk yang lebih efisien. Meskipun ada tantangan seperti kurangnya pengetahuan teknis di staf desa, keberhasilan ini menunjukkan pentingnya teknologi digital dalam kemajuan desa. Kegiatan ini memberikan inspirasi dan panduan praktis bagi desa lain yang ingin mengikuti langkah serupa dalam memanfaatkan teknologi digital.
Downloads
References
Rencana Desa 2023, Rencana Desa Trimulyo 2023.
Desa Trimulyo 2022, Wikipedia : Diakses pada 26 Agustus 2023. https://id.wikipedia.org/wiki/Trimulyo,_Tegineneng,_Pesawaran
Website desa, komunitas website desa, https://opensid.my.id/
Amnah, A., Indera, I., Pebrina, P., Halimah, H., Jaya, I., & Agustina, F. (2021, September). Peningkatan Ekonomi Bagi Kelompok Ibu-Ibu Tenaga Kerja Outsouching Melalui Pelatihan Pembuatan Masker. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 18-21).
Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner.Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, no. 3(1): 39–59.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat diIndonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, no. 9(1): 140–157.
Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Sasqia Dyah Qiranti, Riski SintaSari, Pramania Elka Allafa (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung , Retrieved fromhttp://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi
Halimah, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan Dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Halimah, H., & Lilyana, B. (2021, September).Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Bandicam Dalam Masa New Normal Bagi Guru SDIT Insantama.In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 1-6).
N. Yuwita, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu, “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo,” Khidmatuna J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2021, doi: 10.51339/khidmatuna.v2i1.322.
Setiawati, S. D., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Branding.Jurnal Ilmiah Indonesia, no. 4(7): 131–151.
Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital BrandingKeputusan Konsumen.Jurnal Riset Entrepreneurship, no. 4(1): 49–57.https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2217
Yunus, H., Saleh, S., & Swissia, P. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan E-Commerce Hasil Kerajinan Napi Perempuan Lapas Way Hui Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 35-42.
Swissia, P. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(1), 73-80.
Kusuma, R. D., Sutjipto, S. S. U., Sujana, S., & Maretha, H. A. (2020). Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 215-222.
Fachmy, R. N., Barkah, C. S. A., Herawaty, T., & Aulina, L. (2021). Strategi Optimalisasi Media Sosial Melalui Konten Humor dalam Peningkatan Penjualan Produk UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Toko Sikece). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 183-194.
Widiati, E., Levyda, L., & Ratnasari, K. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram Dalam Aktivitas Bisnis Bagi Umkm Di Bangka Belitung. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amnah A, Ary Meizary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Andi Desfiandi, Ary Meizary , Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April)
- Ary Meizary, Nisar, Peningkatan Daya Tarik Citra Produk Dengan Mengembangkan Brand Indentitiy Pada UMKM Kelanting Delima , Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB): Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi Oktober)