Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran untuk Tenaga Pengajar Paud Tunas Bangsa Podomoro

Authors

  • Afrizal martin insitut bakti nusantara
  • Widianto W Program Studi Sistem Informasi, IBN, Pringsewu, 35373, Indonesia
  • Mardiyanto m Program Studi Manajemen Informasi, IBN, Pringsewu, 35373, Indonesia
  • Suyono s Program Studi Sistem Informasi, IBN, Pringsewu, 35373, Indonesia
  • Joni j Program Studi Sistem Informasi, IBN, Pringsewu, 35373, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.59

Keywords:

PAUD, Media Pembelajaran, Canva

Abstract

Teknologi berkembang pesat di dunia pendidikan bahkan hampir semua sekolah, perguruan tinggi bahkan perkantoran menggunakan teknologi. Akan tetapi masih banyak guru-guru yang belum menguasai atau menggunakan teknologi contohnya perangkat komputer. Dapat dilihat dari terus berkembangnya software yang digunakan untuk membuat media pembelajaran. Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur seseorang mengenai cara berpikir yang berkualitas, baik dengan keberhasilan dalam proses pembelajaran.dalam membuat media pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga dapat menarik minat siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa akan mudah merasa bosan dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh gurunya jika media pembelajaran yang digunakan bersifat monoton.Berdasarkan penjelasan dan paparan dari latar belakang kegiatan permasalahan yang dapat di ambil adalah Bagaimana gambaran kreativitas guru PAUD dalam mengembangkan media pembelajaran di sekolah ?Didalam penjelasan materi dijelaskan bahwa Apa Itu Canva? Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula.1. Penggunaan media pembelajaran berbasis digital teknologi dengan menggunakan aplikasi Canva dengan konsep microblogging dalam pembelajaran bahasa pada teks prosedur adalah salah satu upaya dalam menciptkan media pembelajaran terbarukan dalam dunia pendidikan yang mampu memberikan tingkat pemahaman kepada pesertadidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924

Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association, 108(2). https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Kemendikbud RI. (2020). Buku Saku Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. Buku Saku, September.

Mursid, M., & Kusuma Ayu, K. (2021). Perlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kb Tunas Bangsa Ds. Gondang Kec. Subah Kab. Batang. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i1.621

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.577

Downloads

Published

06.11.2023

How to Cite

martin, A., W, W., m, M., s, S., & j, J. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran untuk Tenaga Pengajar Paud Tunas Bangsa Podomoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 148–154. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.59