Desain dan Redesain Produk Multimedia untuk Menunjang Kegiatan UMKM di Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.56Keywords:
UMKM, Produk Multimedia, Penunjang UsahaAbstract
UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi. UMKM menopang lebih dari 90 persen ekonomi Indonesia. Salah satu kendala yang dihadapi UMKM adalah minimnya peralatan pendukung baik untuk kebutuhan pemasaran, branding, ataupun kegiatan operasional usaha. Jikapun ada, terkadang peralatan yang digunakan kurang sesuai dengan citra/branding usaha. Tim pengabdian kepada masyarakat kemudian melakukan kunjungan, analisa, perencanaan, dan produksi peralatan penunjang usaha, terutama yang berkaitan dengan produk multimedia, seperti banner (spanduk), buku menu, dan stiker. Kegiatan pengabdian dilakukan pada empat obyek UMKM selama periode 1-31 Juli 2023. Hasil produksi diterima dengan baik dan digunakan oleh pemilik usaha untuk menunjang kegiatan usahanya.
Downloads
References
Cahyono, K. A., Sajidan, & Sarwanto. (2014). Pengembangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Poew Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Pencemaran. JURNAL INKUIRI, 3(3), 11-18. doi : https://doi.org/10.20961/inkuiri.v3i3.9660
Hartono, D. (2008). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret.
Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk sebagai Media Promosi. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 2(2), 184-197. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752
Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2022, Agustus 24). Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. Retrieved Oktober 03, 2023, from https://setkab.go.id/upaya-pemerintah-jaga-peran-umkm-sebagai-tulang-punggung-perekonomian/
Nurlianti, & Ridha, M. R. (2023). Perancangan Multimedia Iklan Bisnis Kuliner. Jurnal Perangkat Lunak, 5(2).
Setioningtyas, W. P., Dwiarta, I. M. B. , Waryanto, R. B., & Arianto, B. (2020, Juni). Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Dan Produk Oleh-Oleh Desa Wisata Di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. EKOBIS ABDIMAS, 1(1), 8-13. doi : https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.1.2334.
Supriyandi, S., & Christian, A. (2021, Juni). Produksi Video Profile Sebagai Sebagai Bentuk Promosi Program Studi Penyiaran Berbasis Multimedia. Jurnal Media Penyiaran, 1(1), 1-8. doi : https://doi.org/10.31294/jmp.v1i1.292
Suryati, I. (2021, Januari). Pengaruh Ukuran Usaha dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry di Kecamatan Makasar Tahun 2019. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 1(1), 18-30.
Today, A. (2022, Juni 27). 90 Persen Bisnis di Dunia Ditopang oleh UMKM. Retrieved Oktober 03, 2023, from https://asiatoday.id/read/90-persen-bisnis-di-dunia-ditopang-oleh-umkm
Ulumuddin, D. I., Prabowo, D. P., & Haryadi, T. (2016). Katalog Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Koelon Kalie, Krobokan, Semarang. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 2(2), 181-194.
Wandanaya, A. B., Febriyanto, E., & Iswara, D. (2020, Februari). Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras. Mavib Jurnal, 1(1), 54-68. doi : https://doi.org/10.33050/mavib.v1i1.842
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Condro Wibawa, Dessy Tri Anggraeni, Ahmad Maulana, Vinna Mariska, Wijaya Kusuma, Rafly Alamsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.