Desain dan Redesain Produk Multimedia untuk Menunjang Kegiatan UMKM di Kota Bekasi

Authors

  • Condro Wibawa UNIVERSITAS GUNADARMA
  • Dessy Tri Anggraeni Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Maulana Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia
  • Vinna Mariska Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma
  • Wijaya Kusuma Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia
  • Rafly Alamsyah Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.56

Keywords:

UMKM, Produk Multimedia, Penunjang Usaha

Abstract

UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi. UMKM menopang lebih dari 90 persen ekonomi Indonesia. Salah satu kendala yang dihadapi UMKM adalah minimnya peralatan pendukung baik untuk kebutuhan pemasaran, branding, ataupun kegiatan operasional usaha. Jikapun ada, terkadang peralatan yang digunakan kurang sesuai dengan citra/branding usaha. Tim pengabdian kepada masyarakat kemudian melakukan kunjungan, analisa, perencanaan, dan produksi peralatan penunjang usaha, terutama yang berkaitan dengan produk multimedia, seperti banner (spanduk), buku menu, dan stiker. Kegiatan pengabdian dilakukan pada empat obyek UMKM selama periode 1-31 Juli 2023. Hasil produksi diterima dengan baik dan digunakan oleh pemilik usaha untuk menunjang kegiatan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, K. A., Sajidan, & Sarwanto. (2014). Pengembangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Poew Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Pencemaran. JURNAL INKUIRI, 3(3), 11-18. doi : https://doi.org/10.20961/inkuiri.v3i3.9660

Hartono, D. (2008). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret.

Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk sebagai Media Promosi. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 2(2), 184-197. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752

Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2022, Agustus 24). Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. Retrieved Oktober 03, 2023, from https://setkab.go.id/upaya-pemerintah-jaga-peran-umkm-sebagai-tulang-punggung-perekonomian/

Nurlianti, & Ridha, M. R. (2023). Perancangan Multimedia Iklan Bisnis Kuliner. Jurnal Perangkat Lunak, 5(2).

Setioningtyas, W. P., Dwiarta, I. M. B. , Waryanto, R. B., & Arianto, B. (2020, Juni). Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Dan Produk Oleh-Oleh Desa Wisata Di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. EKOBIS ABDIMAS, 1(1), 8-13. doi : https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.1.2334.

Supriyandi, S., & Christian, A. (2021, Juni). Produksi Video Profile Sebagai Sebagai Bentuk Promosi Program Studi Penyiaran Berbasis Multimedia. Jurnal Media Penyiaran, 1(1), 1-8. doi : https://doi.org/10.31294/jmp.v1i1.292

Suryati, I. (2021, Januari). Pengaruh Ukuran Usaha dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry di Kecamatan Makasar Tahun 2019. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 1(1), 18-30.

Today, A. (2022, Juni 27). 90 Persen Bisnis di Dunia Ditopang oleh UMKM. Retrieved Oktober 03, 2023, from https://asiatoday.id/read/90-persen-bisnis-di-dunia-ditopang-oleh-umkm

Ulumuddin, D. I., Prabowo, D. P., & Haryadi, T. (2016). Katalog Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Koelon Kalie, Krobokan, Semarang. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 2(2), 181-194.

Wandanaya, A. B., Febriyanto, E., & Iswara, D. (2020, Februari). Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras. Mavib Jurnal, 1(1), 54-68. doi : https://doi.org/10.33050/mavib.v1i1.842

Downloads

Published

03.11.2023

How to Cite

Wibawa, C., Tri Anggraeni, D., Maulana, A., Mariska, V., Kusuma, W., & Alamsyah, R. (2023). Desain dan Redesain Produk Multimedia untuk Menunjang Kegiatan UMKM di Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 81–90. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.56