Pendampingan Dan Pemanfaatan E-Commerce Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Promosi Dan Penjualan Kerajinan Tapis Pekon Bumiayu

Authors

  • Dian Puspita STMIK Pringsewu Lampung
  • RisWahyudi STMIK Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.5

Keywords:

Qinantapis, instagram, marketplace

Abstract

Tapis adalah salah satu peninggalan budaya tradisional masyarakat Lampung, berupa tenunan kain yang sudah dipakai turun temurun. Sekarang sudah banyak tapis yang diterapkan pada media tertentu seperti peci, tas, masker, dompet, hiasan dinding. Bapak Lili merupakan pemilik toko Qinan Tapis sekaligus pengrajin tapis yang melakukan promosi secara manual, promosi dilakukan dari mulut ke mulut, menggunakan sosial media WA, dan instagram. Walaupun sudah menggunakan sosial media, promosi Qinan tapis masih belum maksimal dalam penggunaan instagram, jadi promosi di instagram kurang mencakup masyarakat luas dan belum memiki website. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada Qinan tapis untuk membuat website dan marketplace berupa instagram dan juga pendampingan kepada pemilik dengan pelatihan cara promosi di instagram yang efektif dan efesien. Tujuan pengabdian kepada Qinan tapis adalah untuk membantu UMKM desa Bumiayu dan untuk lebih mencintai produk lokal. Metode yang digunakan metode pelatihan. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama satu hari maka dapat ditarik kesimpulan, pemilik Qinan tapis mendapat pelatihan membuat profil instagram dan pelatihan membuat promosi melalui instagram dengan menggunakan hashtag.

Kata kunci: Qinantapis, instagram, marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2). https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495

Noviarni, Eni. (2018). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen Online. Jurnal Al-Istihad, 14(2).

Nuralam, Inggang Perwangsa. (2017). Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Universitas Brawijaya Press.

Pamungkas, R. A. (2019). Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa). Jurnal Tekno Kompak, 13(1). https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1).

Rahmadi, Yusuf., Adam, P, Yuli., & Azani, Muhammad. (2015). Pengembangan Modul Freemium Aplikasi TellUs (Telkom University Store) menggunakan Metode Iterative Incremental dan Framework Laravel . eProceeding of Engineering. 2 (2).

Setyoparwanti, I. (2019). Pengaruh Sikap Belanja Online terhadap Trust melaluiMediator Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce di Indonesia. JurnalIlmiah MEA (Manajemen, Ekonimi, dan Akuntansi). 3 (3).

Shafira & Ira. (2020). Peran Konten Post Instagram Terhadap Keterlibatan Pelanggan Secara Daring Pada Industri Kosmetik Di Indonesia. Nasional, Seminar Riset, Terapan Series, Isas Publishing Vol, Science, 6(1).

Sirclo. (2020). Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di tahun 2020 Meningkat Pesat. www.sirclo.com/blog/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat. diakses tanggal 2 April 2022.

Swasto, Bambang. (2011). Manajemen Sumbar Daya Manusia. Universitas Brawijaya Press.

Wong, Joni. (2010). Internet Marketing for Beginners. PT Elex Media Komputindo.

https://soulofren.com/apa-itu-marketplace/. (2020). Apa itu marketplace? Ini kegunaannya untuk bisnis makanan. diakses 3 April 2022.

Downloads

Published

12.05.2022

How to Cite

Puspita, D., & RisWahyudi. (2022). Pendampingan Dan Pemanfaatan E-Commerce Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Promosi Dan Penjualan Kerajinan Tapis Pekon Bumiayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.5