Penerapan Marketplace Dan Media Sosial Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i2.21Keywords:
Instagram, marketplace, Media Sosial, shoAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, desa Buniara memiliki beberapa UMKM yang memiliki keingingan adanya peningkatan penjualan yang lebih baik terkait produk-produk yang ada, untuk memfasilitasi hal tersebut maka pelu dilakukan penerapan teknologi informasi berupa media sosial instagram sebagai media promosi yang di buat dengan mengunggah photo-photo dan video dari produk yang ada serta penerapan marketplace shopee sebagai media interaksi antar penjual dan pembeli sehingga dapat meningkatkan penjualan produk, selain dua media diatas juga dibuat stiker branding produk sehingga lebih menambah ketertarikan konsumen dalam membeli produk-produk UMKM.
Downloads
References
Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Govoni, N. A. (2012). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Dictionary of Marketing Communications, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.4135/9781452229669.n3693
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Maulida, U. (2022). Marketplace Shopee Sebagai Alternatif Mengembangkan Ekonomi Kreatif Di Masa Pasca Pandemi Covid-19. Madani Syariah, 5(1), 33–42.
Mirza, M., & Ali, H. (2020). Strategi E-Commerce Shoppe: Dalam Konteks Bisnis Etik. Jurnal Manajemen, Vol 10, No 2 (2020), 7(1), 99–104.
Prayoga, A. N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Bagi Pecinta Vespa Tua Pada Akun @Vespasoy. Tel-U Collection.
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Santi Purwanti, Jaja, Sriwulan ., Nuraeni .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.