Pembuatan Gula Merah dari air Nira Dan Pemasaran Produk Gula Merah Dengan Pemanfaatan Media Sosial

Authors

  • Widianto STMIK Pringsewu
  • Tri Susilowati Tri Susilowati STMIK Pringsewu
  • Nurlela STMIK Pringsewu
  • Ahmad Solihin STMIK Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.12

Keywords:

Gula merah , Market place , media, Metode PRA

Abstract

Gula merah adalah suatu bahan pemanis yang dibuat dari nira air kelapa maupun  aren  yang berasal dari tandan bunga jantan pohon kelapa dan aren Untuk membantu meningkatkan pendapatan maupun omset  masyarakat maupun penderes gula di pekon pamenang serta untuk meningkat kan daya jual dan daya tarik pembeli gula merah di lakukan perubahan bentuk kemasan serta membantu memperluas pangsa pasar melalaui market place online. Media soial adalah media di internet yang memungkinkan penggunanya mempresentasikan dirinya maupun berinterksi, bekerjasama, saling berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lainya, dan membentuk ikatan sosial secara Virtual. Media sosial bisa dijadikan sebuah pilihan untuk memasarkan sebuah poduk dengan biaya yang minim, namun dalam hal mempromsikan produk pada media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diara, I. W. (2020). Pengembangan industri rumah tangga ( irt ) gula merah di desa karyasari pupuan tabanan. 19, 45–48.

Fithria, A., Rahmadi, A., & Syam’ani. (2020). PKM Peningkatan nilai tambah gula aren di Desa Kandangan Lama Kabupaten Tanah Laut. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 10–14.

Hasan, O. H. (2020). Pengembangan Usaha Gula Merah Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu.

Darmawijaya, I Putu. (2017). PKM Kelompok Gula Aren “Mutiara Merah” Di Desa Karyasari Kabupaten Tabanan. Jurnal Paradharma, 1(2), 87–91.

Lalisang, I. (2018). Pemberdayaan Petani Aren Melalui Diversivikasi Produk Olahan Air Nira. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 415. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8938

Hasibuan, R. Rahmadi. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut Untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 107–111.

Sugireng, Kasih, R. Utami. (2019). Pkm Kelompok Petani Aren Desa Lamara. Vol. 2 (1). 7, 61–65.

Tuwohingide, D., Israel, E. H., Papuas, A., Silangen, M., & Koloay, C. (2018). PKM Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi dan Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Kampung Bowongkulu. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 2(1), 48–52.

Yudho, F. H. P. (2021). Peningkatan Mutu Dan Pemasaran Gula Aren. Journal of Empowerment, 2(1), 150. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1231

Downloads

Published

30.05.2022

How to Cite

Widi, W., Tri Susilowati, T. S., Nurlela, & Solihin, A. . (2022). Pembuatan Gula Merah dari air Nira Dan Pemasaran Produk Gula Merah Dengan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 1(1), 23–29. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v1i1.12